Tak Cuma ke Bayi, ASI Buat Otak si Ibu Sehat Loh

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 25 Oktober 2021 15:46 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 25 612 2491344 tak-cuma-ke-bayi-beri-asi-buat-otak-si-ibu-sehat-loh-9nsAcFzhc5.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MEMBERIKAN Air Susu Ibu (ASI) pada bayi selama 6 bulan memang diwajibkan bagi mereka yang bisa melakukannya. Pemberian ASI memang memiliki banyak manfaat bagi bayi kita.

Selain dapat memberikan asupan makanan terbaik di 1.000 hari kelahiran bagi si bayi, ASI juga baik untuk si ibu. Memberikan ASI secara langsung membuat otak si ibu bekerja dengan baik hingga tua.

Studi menyebutkan bahwa menyusui bermanfaat terhadap fungsi kognitif jangka panjang si ibu. Jadi, para peneliti di University of California, Los Angeles, melakukan penelitian, menemukan wanita berusia di atas 50 tahun yang menyusui bayinya memiliki kinerja yang lebih baik dalam tes kognitif dibandingkan dengan wanita yang tidak pernah menyusui.

Ibu Menyusui

"Sementara banyak penelitian telah menemukan bahwa menyusui meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan jangka panjang anak, penelitian kami adalah salah satu dari sedikit yang telah melihat efek kesehatan jangka panjang bagi wanita yang menyusui," Molly Fox, penulis studi, mengatakan dalam rilis berita yang dilaporkan Fox News.

"Temuan kami, yang menunjukkan kinerja kognitif superior di antara wanita di atas 50 tahun yang telah menyusui, menunjukkan bahwa menyusui mungkin 'neuroprotektif' di kemudian hari," tambahnya.

Penelitian berjudul 'Wanita yang menyusui menunjukkan manfaat kognitif setelah usia 50 Tahun' itu menegaskan bahwa efek biologis menyusui dan efek psikososial, seperti peningkatan regulasi stres, dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi otak ibu.

Karena menyusui juga diketahui dapat membantu mengatur stres, meningkatkan ikatan hubungan bayi dan ibu, dan menurunkan risiko depresi pascamelahirkan, yang menunjukkan manfaat neurokognitif akut bagi ibu. "Kami menduga bahwa hal itu juga dapat dikaitkan dengan kinerja kognitif superior jangka panjang untuk ibu," kata Fox.

Hasil menunjukkan bahwa mereka yang pernah menyusui tampil lebih baik di keempat kategori yang diuji, dibandingkan dengan wanita yang tidak pernah menyusui. Studi ini juga menemukan bahwa jumlah waktu yang dihabiskan untuk menyusui dikaitkan dengan kinerja kognitif yang lebih baik.

"Studi di masa depan diperlukan untuk mengeksplorasi hubungan antara riwayat menyusui dengan kinerja kognitif dalam kelompok wanita yang lebih besar dan lebih beragam secara geografis," terang Fox.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini