Deretan Obat Nyeri Sendi yang Mudah Ditemukan di Apotek

Intan Afika Nuur Aziizah, Jurnalis · Senin 25 Oktober 2021 16:42 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 25 612 2491406 deretan-obat-nyeri-sendi-yang-mudah-ditemukan-di-apotek-r3MqYpUjh3.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

BAGI mereka yang sudah berumur, nyeri sendi mungkin menjadi penyakit yang kerap terjadi apalagi di pagi hari. Biasanya, nyeri sendiri lantaran gejala osteoposis, meskipun bisa juga terjadi jika ada peradangan pada sendi, bursa, ligamen, tulang rawan, tendon, dan tulang-tulang di sekitar sendi.

Nyeri sendi tentunya membuat seserorang merasa tidak nyaman saat beraktivitas. Meski demikian, nyeri sendi masih dapat diobati dengan beberapa obat yang mudah ditemukan di apotek.

Apa saja ya? Berikut beberapa obat nyeri sendi yang bisa kamu beli di apotek, dikutip dari Good Doctor.

Nyeri Sendi

Obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID)

Terdapat beberapa jenis obat yang termasuk dalam golongan NSAID, seperti Ibuprofen, Naproxen, Aspirin, Diclofenac, dan Celecoxib. Obat nyeri sendi ini dijual bebas dan bisa kamu beli di apotek terdekat.

Namun, perlu diketahui, beberapa obat nyeri sendi ini memiliki beberapa efek samping, salah satunya adalah meningkatkan perdarahan gastrointestinal. Tak hanya itu, mengonsumsi ibuprofen dalam jangka waktu yang panjang juga tidak disarankan akibat risiko sakit maag.

Selain itu, Aspirin juga dapat mengencerkan darah, sehingga kamu harus berhati-hati dalam penggunaan obat ini, terutama jika kamu juga mengonsumsi obat pengencer darah lainnya. Oleh karena itu, untuk menghindari efek samping yang dapat ditimbulkan, sebaiknya konsumsilah obat-obatan ini dengan resep dokter, ya.

Acetaminophen

Jika kamu mengalami nyeri sendi yang ringan tanpa disertai dengan pembengkakan, acetaminophen adalah obat yang efektif. Obat nyeri sendi ini juga bisa kamu beli di apotek. Namun, kamu harus berhati-hati. Pasalnya, acetaminophen yang dikonsumsi dengan dosis tinggi dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan kerusakan hati.

Obat opioid

Jika kamu mengalami nyeri sendi yang parah, sehingga obat golongan NSAID dan Cox-2 (celecoxib) tidak cukup efektif, dokter mungkin akan meresepkan obat opioid yang lebih kuat. Berbeda dengan sebelumnya, obat nyeri sendi ini bisa kamu beli di apotek dengan menggunakan resep dokter. Pasalnya, obat ini dapat menyebabkan penurunan kesadaran serta kecanduan. Oleh karena itu, obat ini harus digunakan dalam pengawasan dokter.

Obat topikal

Obat topikal adalah obat yang digunakan untuk pemakaian luar dengan cara dioleskan langsung pada permukaan kulit. Beberapa obat salep nyeri sendi yang dijual bebas dan bisa dibeli di apotek adalah Natrium diklofenak, Capsaicin, Salisilat, Lidocaine, dan Menthol.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini