Haruskah Kita Dapat Vaksin Booster Jika Banyak yang Belum Vaksinasi?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 25 Oktober 2021 19:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 25 612 2491531 haruskah-kita-dapat-vaksin-booster-jika-banyak-yang-belum-vaksinasi-MEQN10YGMC.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

VAKSIN Covid-19 memang tidak akan melindungi seseorang dari virus Covid-19 100 persen. Seiring dengan berjalannya waktu, maka efektivitas vaksin akan mengalami penurunan, sehingga antibodi yang kita miliki pun akan berkurang.

Amerika Serikat pun memberikan suntikan booster Covid-19 dengan dosis ketiga atau keempat. Alhasil banyak masyarakat yang bertanya, apakah booster vaksin Covid-19 diperlukan untuk melindungi diri dari ancaman virus?

Pakar Kesehatan sekaligus Dokter Relawan Covid-19, dr. Muhamad Fajri Adda'i mencoba memberikan penjelasannya melalui akun media sosial @dr.fajriaddai, Senin (25/10/2021). Dokter Fajri membenarkan bahwa banyak negara yang sudah menyuntikan booster dosis ketiga.

"Banyak juga publikasi yang menyatakan kebermanfaatan efektifitas dosis ketiga. Publikasi tersebut menyatakan dosis ketiga tersebut dapat mengurangi angka kematian, angka kesakitan dan angka keparahan penyakit sudah terbukti," terang dr. Fajri.

Menurut dr. Fajri, sebenarnya vaksin booster dibutuhkan kalau memang ada dosisnya. Namun masalah utamanya adalah isu terkait dengan pemerataan. Sehingga harus dilihat apakah daerah-daerah negara tersebut sudah cukup vaksinnya untuk dua dosis pertama.

"Jadi kita cukupkan dulu cakupan vaksinasinya pada orang-orang yang sama sekali belum divaksin. Jika memang ada lebih, maka silahkan bila ingin melanjutkan ke dosis ketiga atau keempat. Tapi yang penting adalah bagaimana pagar ini bisa terbentuk lebih dahulu," tuntasnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini