Share

Tak Mau Tertular Covid-19? Cuci Tangan Setelah Pegang Uang

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Senin 25 Oktober 2021 22:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 25 612 2491641 tak-mau-tertular-covid-19-cuci-tangan-setelah-pegang-uang-CYLnh42J0y.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SELAMA pandemi seseorang cenderung lebih menyukai pembayaran cashless saat berbelanja. Cara ini disebut-sebut menjadi salah satu trik untuk mencegah penularan Covid-19 loh.

Karena selama ini muncul penelitian jika uang bisa menularkan virus corona. Karena virus mematikan ini bisa menempel di uang kertas atau uang logam selama berhari-hari.

WHO juga telah memperingatkan bahwa uang kertas kemungkinan dapat menularkan Covid-19. Tanpa virus corona pun, uang memang harus dianggap sebagai benda yang kotor, lantaran terlalu banyak berpindah tangan.

"Uang sering berpindah tangan dan dapat membawa semua jenis bakteri dan virus. Kami menyarankan orang untuk mencuci tangan setelah memegang uang kertas, dan menghindari menyentuh wajah mereka,” tulis WHO dalam keterangannya.

Karena penelitian tersebut, maka tak heran jika setiap cafe, restoran, maupun tempat belanja lainnya merekomendasikan Anda menjadi cashless.

Seiring dengan kebiasaan ini, diungkapkan Wakil Rektor I Bidang Pembelajaran Universitas Prasetiya Mulya Prof. Agus W. Soehadi, tren transaksi digital kian meningkat seiring perubahan perilaku masyarakat dalam pembayaran cashless. Sudah banyak orang memanfaatkan dompet digital bagi pelaku usaha mikro maupun makro.

"Kondisi pandemi terus mendorong kita untuk senantiasa beradaptasi, di mana pola perilaku konsumen telah berubah ke arah digital," katanya saat berbicara soal program S1 Financial Technology, lewat keterangan tertulis.

Bahkan kebiasaan serba digital ini akan terus berlanjut di masa mendatang. Karena itu, tak hanya saat pandemi Covid-19, gaya hidup masyarakat harus berubah, yakni cenderung serba digital dan mengandalkan teknologi.

"Untuk itu, diperlukannya sumber daya manusia terbaik yang mumpuni di bidang ini guna membantu perusahaan menghadirkan solusi-solusi tepat sasaran sebagai response akan kondisi tersebut,” jelas Agus.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini