5 Rekomendasi Makanan untuk Menurunkan Berat Badan, Dicoba Yuk!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 26 Oktober 2021 21:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 26 298 2491949 5-rekomendasi-makanan-untuk-menurunkan-berat-badan-dicoba-yuk-zTzeUaCMBP.jpg Almond (Foto: Unsplash)

RUPANYA menurunkan berat badan tak bisa hanya mengandalkan olahraga. Anda juga mesti memastikan asupan makanan yang dikonsumsi, apakah bernutrisi dan seimbang atau sembarang.

Memilih makanan apa yang dimakan dalam program diet menurunkan berat badan menjadi poin penting yang perlu dilakukan.

Menurut laporan Medical News Today, ada satu studi yang menjelaskan bahwa beberapa makanan termasuk buah, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, dan yogurt, berkaitan dengan penurunan berat badan.

Lalu apa saja makanan yang tepat dikonsumsi untuk menurunkan berat badan?

 telur

1. Telur

Telur sebagai makanan sarapan bisa menjadi pilihan Anda dalam menu diet penurunan berat badan. Bahkan, dalam studi kecil yang melibatkan 21 pria, peneliti coba membandingkan efek makan telur dengan bagel untuk sarapan.

Para peneliti mendapati fakta bahwa pria yang makan telur di waktu sarapan jauh merasa kenyang lebih lama, dibandingkan yang sarapan dengan bagel. Mereka yang makan telur juga dilaporkan merasa lebih puas dibandingkan kelompok pemakan bagel.

2. Kacang, buncis, lentil, dan kacang polong

Ya, kelompok kacang-kacangan juga dipercaya mampu memberi manfaat pada proses penurunan berat badan. Mereka dapat memengaruhi penurunan berat badan karena efeknya pada rasa kenyang serta kandungan protein dan seratnya yang cukup tinggi.

Studi mengenai ini pernah dilakukan dengan hasil bahwa menyertakan kacang-kacangan pada menu harian menghasilkan penurunan berat badan yang jauh lebih berarti dibanding kelompok yang tidak menambahkan kacang-kacangan.

3. Almond

Studi mengenai almond pernah dilakukan dengan melibatkan wanita 'overweight' dan obesitas. Mereka yang mengonsumsi kacang almond 50 gram sehari berhasil menurunkan berat badan, dibanding mereka yang tidak.

Setelah 3 bulan, wanita dengan diet almond kehilangan berat badan secara signifikan lebih banyak daripada wanita dalam kelompok yang mengonsumsi 'nut-free'.

5. Alpukat

Alpukat sudah dikenal banyak orang memiliki manfaat yang baik untuk penurunan berat badan. Buah satu ini menyediakan serat dan lemak yang sehat untuk tubuh, serta banyak menyimpan nutrisi lainnya.

Studi mengenai manfaat alpukat untuk penurunan berat badan dilakukan pada orang dewasa Amerika bahwa mereka yang mengonsumsi alpukat memiliki berat badan lebih ringan dan memiliki BMI lebih rendah, daripada kelompok yang tidak.

"Orang yang makan alpukat cenderung makan banyak buah, sayuran, dan serat, daripada orang yang tidak," kata penelitian tersebut.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini