Tanggapan Kemenkes Terkait Rumor Joki Swab PCR

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 26 Oktober 2021 09:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 26 481 2491752 tanggapan-kemenkes-terakit-rumor-joki-swab-pcr-VsX35wWvxZ.jpeg Ilustrasi (Foto : Medicaldaily)

PENGGUNA akun Twitter @kurawa mengatakan bahwa kini ada yang namanya Joki Swab PCR. Pernyataannya tersebut menarik perhatian netizen.

"Sekarang sudah ada profesi baru: Joki Swab PCR. Yang diswab orangnya berbeda dengan nama yang ada di KTP. Banyak yang lolos, karena petugas sudah enggak mungkin lihat detail profil saat swab," tulisnya pagi ini, Selasa (26/10/2021).

Ia pun mengatakan bahwa dengan adanya tindakan tersebut, dimohonkan kepada masyarakat untuk berhati-hati saat naik pesawat. "Hati-hari yang bilang di pesawat itu aman-aman saja. Tetap strict protokol kesehatan," tambahnya.

SWAB PCR

Beredarnya rumor ini langsung ditanggapi Juru Bicara Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi. Ia menekankan bahwa tidak ada celah untuk oknum yang memanfaatkan situasi pandemi seperti itu.

"Tentunya kami berharap tidak ada oknum yang memanfaatkan situasi di masa kita masih menghadapi pandemi ini," ungkap Siti Nadia pada MNC Portal melalui pesan singkat.

Baca Juga : Polisi Bekuk 2 Tersangka Pemalsuan Swab PCR di Jakarta Selatan

Ia pun menekankan kepada masyarakat bahwa isu harga PCR yang dinilai memberatkan masyarakat kini tengah dicari solusinya dan diharapkan akan segera turun harga. Sehingga masyarakat tidak merasa terbebani dengan tes PCR yang menjadi mandat pemerintah.

"Pemerintah sedang mengevaluasi terkait harga pemeriksaan PCR dan seharusnya dengan harga yang semakin murah, tentu tidak perlu ada biaya tambahan lainnya untuk masyarakat," katanya.

Siti Nadia menambahkan, "Ingat, ini masih dalam upaya pembatasan pergerakan agar kita bisa mencegah gelombang ketiga."

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini