Turun Harga, Tes PCR Bakal Jadi Syarat Perjalanan Semua Moda Transportasi

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 26 Oktober 2021 12:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 26 481 2491839 turun-harga-tes-pcr-bakal-jadi-syarat-perjalanan-semua-moda-transportasi-Ngum2LYlWP.jpeg Tes PCR (Foto: Dok.Okezone)

PEMERINTAH terus berupaya untuk menekan angka kasus Covid-19 di Tanah Air. Terlebih dengan potensi menculnya gelombang ketiga Covid-19 pasca libur panjang Natal dan Tahun Baru (Nataru) yang tinggal beberapa bulan lagi.

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Marinvest), Luhut Binsar Pandjaitan memutuskan untuk memperkuat sistem testing. Ini berlaku pada masyarakat yang hendak melakukan mobilitas dengan berbagai moda transportasi dengan mewajibkan tes PCR bagi para pelaku perjalanan.

"Secara bertahap penggunaan tes PCR juga akan diterapkan pada transportasi lainnya selama dalam mengantisipasi periode Nataru," terang Menko Luhut, dalam jumpa pers update PPKM, Senin 25 Oktober 2021.

Tes PCR

Baca Juga : Arahan Presiden Jokowi: Harga Tes PCR Turun Jadi Rp300 Ribu dan Berlaku 3x24 Jam

Menurut Luhut setelah dilakukan relaksasi terjadi adanya peningkatan mobilitas masyarakat. Berdasarkan survei Balitbang Kemenhub, untuk wilayah Jawa-Bali, diperkirakan yang melakukan perjalanan mencapai 19,9 juta, sementara sebanyak Jabodetabek 4,45 juta

"Peningkatan pergerakan penduduk ini, tanpa pengaturan protokol kesehatan yang ketat, akan meningkatkan resiko penyebaran kasus," tambahnya.

Selain itu, Luhut mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memberikan arahan agar harga tes PCR bisa diturunkan menjadi Rp300.000 dan berlaku selama 3x24 jam.

“Arahan Presiden agar harga PCR dapat diturunkan menjadi Rp300.000 dan berlaku selama 3x24 jam untuk perjalanan pesawat. Sebagai perbandingan selama Natal dan Tahun Baru, meskipun penerbangan ke Bali disyaratkan PCR, mobilitas tetap meningkat. Dan pada akhirnya mendorong kenaikan kasus,” tuntas Luhut.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini