Selain Sehat, Ini 5 Perawatan agar Rambut Tetap Berkilau dan Lembut

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 26 Oktober 2021 07:39 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 26 611 2491704 selain-sehat-ini-5-perawatan-agar-rambut-tetap-berkilau-dan-lembut-zOAWq7cH83.jpeg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

CIRI-ciri rambut sehat yaitu nampak tebal, lembut, dan berkilau. Memiliki rambut berkilau dan lembut adalah sesuatu yang tidak dimiliki setiap orang sejak lahir.

Rambut Anda akan berubah menjadi kering dan rapuh, jika pola makan tidak sehat atau jika Anda menggunakan produk rambut yang tidak sesuai dengan jenisnya.

Kemudian saat rambut Anda gagal mempertahankan kelembapan dari minyak alami yang dikeluarkan oleh kulit kepala, maka nantinya akan menjadi kering dan kasar.

Lalu bagaimana cara merawatnya? Berikut ini adalah 5 cara supaya rambut tetap tebal, indah dan lembap seperti dikutip dari laman Medicinenet;

1. Pilih produk perawatan rambut

Perawatan Rambut

Pilihlah proses perawatan rambut yang sesuai dengan jenis rambut Anda. Mulai dari shampo, hair mask hingga kondisioner.

Formulasi produk perawatan rambut telah ditentukan sesuai dengan jenis rambut, yaitu rambut berminyak, kering, atau rusak. Jadi jangan sampai Anda salah memilihnya.

2. Jangan keramas setiap hari

Perawatan lainnya yang perlu Anda perhatikan adalah jangan keramas rambut setiap hari. Keramas rambut setiap hari dapat menghilangkan minyak alami dari rambut Anda.

Sebagai gantinya, pertimbangkan untuk keramas dua atau tiga kali dalam seminggu. Jika rambut Anda berminyak, maka Anda bisa mencoba sampo kering. Sampo hanya kulit kepala, bukan ujungnya.

Baca Juga : 4 Cara Usir Ketombe Membandel di Kulit Kepala, Ampuh!

3. Selalu menggunakan kondisioner

Selalu gunakan kondisioner. Jangan lupa untuk mengoleskan kondisioner selama 2-5 menit dan bilas setelah keramas. Gunakan kondisioner hanya pada ujung rambut dan bukan pada kulit kepala atau seluruh panjangnya rambut Anda.

Kondisioner berfungsi membantu mengunci kelembapan rambut Anda. Selain itu mengurangi listrik statis di antara helai rambut dan dapat menawarkan perlindungan dari sinar matahari.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini