Ini Alasan Kenapa Tidak Boleh Menyisir saat Rambut Basah

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 27 Oktober 2021 06:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 26 611 2491917 ini-alasan-kenapa-tidak-boleh-menyisir-saat-rambut-basah-TPfEbpZeM7.jpeg Ilustrasi (Foto: VS Sassoon)

APAKAH Anda punya kebiasaan menyisir saat rambut basah? Sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut mulai dari sekarang.

Menyisir rambut setelah keramas bisa mendatangkan masalah serius jika tak dilakukan hati-hati. Yaps, kebiasaan menyisir saat kondisinya masih basah bisa membuat rambut rusak.

Seperti dikatakan Shab Reslan adalah ahli trikologi spesialisi kesehatan kulit kepala dan pertumbuhan rambut, kebiasaan menyisir rambut yang basah setelah keramas ini bisa merusak rambut, terutama bagi pemilik rambut lurus.

Rambut Basah

“Bagi mereka yang punya rambut lurus, menyisir rambut basah berpotensi lebih berbahaya daripada menyisirnya saat sudah kering. Hal nomor satu yang perlu diingat saat menyisir rambut ialah, kondisi rambut paling rentan dan sensitif adalah saat basah," ujar Reslan, seperti dikutip Byrdie, Rabu (27/10/2021).

Baca Juga : 4 Cara Menyisir Rambut dengan Benar, Dicoba Ya

Senada dengan Reslan, penata rambut profesional, Michelle O’Connor menyebutkan kalau menyisir rambut dalam keadaan basah bisa merobek rambut.

“Menyisir rambut dalam kondisi basah itu sebenarnya dapat meregangkan, menarik, dan akhirnya merobek rambut Anda. Rambut berada dalam kondisi terkuatnya saat kering. Segala jenis tarikan yang keras akan berbahaya bagi rambut, terutama saat basah,” tambah Michelle.

Baca Juga : 5 Kesalahan Umum yang Harus Dihindari saat Rambut Basah

Tapi hal ini, justru tak berlaku bagi rambut keriting. Menurut dermatologis Nianda Reid, menyisir rambut yang keriting justru sebaiknya dilakukan dalam kondisi rambut yang basah.

“Menyisir rambut keriting atau bertekstur saat basah sebenarnya membantu mengurangi kerusakan dan trauma pada folikel rambut dan menjaga pola keriting tetap utuh,” kata dokter Nianda.

Rambut Basah

Para ahli rambut di atas sepakat, pada dasarnya untuk semua tipe rambut idealnya mencegah rambut kusut dan patah itu justru sudah dimulai saat mandi. Fokus membuat rambut tak kusut, dimulai saat keramas dan menggunakan kondisioner dengan secara alami mengurai rambut memakai jari-jari tangan untuk menghilangkan kusut adalah cara yang lebih lembut.

Ingat, untuk waktu menyisir rambut yang tepat, bagi yang memiliki rambut lurus maka harus menunggu sampai rambut kering, lalu untuk pemilik rambut keriting, waktu terbaik untuk menyisir atau menghilangkan kusut adalah sebelum keramas.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini