Mengenal Manfaat Centella Asiatica yang Banyak Dipakai Skincare

Tim Okezone, Jurnalis · Selasa 26 Oktober 2021 19:27 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 26 611 2491987 mengenal-manfaat-centella-asiatica-yang-banyak-dipakai-skincare-eDAVjSIpxi.jpg Centella Asiatica. (Foto: Highend)

BAHAN-BAHAN alami memang lebih sering digunakan sebagai bahan dasar skincare. Bagi mereka yang rajin melihat kandungan dasar skincare, mungkin sudah mengenal centella asiatica.

Tapi bagi yang belum mengetahui, centella asiatica adalah tanaman yang menjadi bahan dasar pembuatan skincare. Tanaman ini tubuh subur di daerah tropis dan berasal dari kawasan Asia Tenggara, serta telah menjadi ramuan obat untuk mengatasi berbagai macam penyakit sejak berabad-abad silam.

Selain itu, daun centella memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan kulit karena kandungan triterpenoid yang ada di dalamnya. Mari simak apa saja manfaat centella asiatica saat digunakan sebagai skincare seperti dilansir dari Highend.

Mengurangi peradangan

Makeup

Salah satu masalah kulit yang paling umum adalah masalah peradangan, seperti psoriasis dan dermatitis. Masalah kulit ini biasanya ditandai dengan munculnya kemerahan pada kulit.

Centella asiatica yang memiliki kandungan saponin yang tinggi, membuatnya memiliki sifat menenangkan dan menyembuhkan luka pada kulit. Ekstrak daun yang dijadikan cairan ini, mampu mengurangi peradangan pada kulit dan telah dibuktikan oleh berbagai penelitian.

Anti Aging

Makeup

Centella asiatica sering ditemukan pada skincare yang ditujukan untuk mencegah penuaan. Hal ini karena tanaman yang satu ini memiliki kandungan Flavonoid dan senyawa Madecassodie yang berfungsi sebagai antioksidan yang membantu untuk menetralisir kerusakan akibat radikal bebas dari paparan sinar matahari dan polusi.

Tak hanya itu, senyawa tersebut juga meningkatkan sirkulasi darah dan sintesis kolagen serta jaringan kulit agar tetap awet muda.

Melembapkan kulit

Kulit

Tanaman yang kerap diolah menjadi skincare ini juga dapat berfungsi sebagai pelembap kulit. Beberapa kandungannya, seperti beta-karoten dan fitokimia, sangat baik untuk menjaga kulit tetap ternutrisi dan terhidrasi.

Kulit kasar dan iritasi dapat diatasi dengan penggunaan rutin skincare dengan bahan dasar centella asiatica. Maka dari itu, pastikan pemakaian skincare setiap hari agar kulit tetap halus dan sehat.

Ingin tahu lebih lanjut tentang first class Lifestyle, silakan klik HighEnd-Magazine.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini