Apakah Mikroplastik Berisiko untuk Kesehatan?

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 26 Oktober 2021 13:40 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 26 612 2491910 apakah-mikroplastik-berisiko-untuk-kesehatan-7KrkXQEA7X.jpg Air kemasan (Foto: Freepik)

RUPANYA belakangan ini kembali marak perbincangan terkait dengan kontaminasi mikroplastik dalam air minum kemasan plastik.

Di mana berbagai penelitian menyebutkan bahan kimia yang terdapat dalam plastik berpengaruh terhadap pencemaran lingkungan.

Menanggapi hal itu, Deputi Bidang Pengawasan Pangan Olahan pada Badan Pengawas Obat dan Makanan Rita Endang, mengklaim sampai saat ini belum ada risiko kesehatan terkait mikroplastik.

 minum dari kemasan

Selain itu Rita meminta masyarakat untuk bijak, khususnya dalam informasi penggunaan plastik. Menurutnya, mikroplastik pada dasarnya adalah unsur serpihan plastik yang tak kasat mata, ukuran satu hingga lima mikrometer.

Mikroplastik, katanya, ada di semua unsur plastik jika sampai mengalami degradasi, alias rutuh dari badan polimer, baik karena karena perubahan suhu, gesekan dan sebagainya.

Rita menjelaskan, belum ada resiko kesehatan terkait mikroplastik. Ia merujuk maklumat organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang menyatakan, belum merekomendasikan pemantauan rutin atas kontaminasi mikroplastik dalam air kemasan.

Lebih jauh dia menyebutkan, bahwa pada 2020, rapat bersama Joint FAO/WHO Expert Committee on Food Additives menyampaikan mikroplastik belum perlu jadi prioritas analisis.

"Bahkan pada 2021 otoritas keamanan pangan tertinggi Eropa, European Food Safety Authority, juga menyampaikan hal yang sama: (pemantauan rutin) mikroplastik belum menjadi prioritas," terangnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini