3 SD di Amerika Larang Siswanya Pakai Kostum Squid Game untuk Halloween

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 28 Oktober 2021 03:21 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 27 194 2492676 3-sd-di-amerika-larang-siswanya-pakai-kostum-squid-game-untuk-halloween-zVGnbJKNwK.jpg Squid Game. (Foto: Instagram)

SALAH satu event yang biasa terjadi di bulan Oktober adalah Halloween. Halloween sendiri, merupakan All Hallows 'Eve yang selalu dirayakan pada malam sebelum All Saints 31 Oktober.

Halloween awalnya merupakan Festival Celtic Samhain, sebuah perayaan di Inggris kuno dan Irlandia yang menandai akhir musim panas. Festival itu juga menjadi penanda awal tahun baru pada saat itu yang jatuh pada pada 1 November.

Elemen paling krusial dalam perayaan Halloween tentunya apalagi kalau bukan kostum Halloween. Tapi, bicara soal kostum Halloween, ada yang berbeda dengan hype perayaan Halloween tahun ini.

Squid

Pasalnya, mengutip Fox News, baju ala serial Korea hits Netflix, Squid Game ternyata dilarang untuk dipakai sebagai kostum Halloween, setidaknya di tiga sekolah dasar di New York, Amerika Serikat yakni Sekolah Dasar Mott Road, Enders Road dan Fayetteville.

Pelarangan pemakaian baju ala Squid Game ini, disebutkan karena alasan unsur kekerasan yang brutal dalam series yang dibintangi Lee Jung Jae, Park Hae Soo, Wi Ha Joon dan Jung Ho Yeon tersebut. Merujuk pada hal ini, ketiga sekolah memutuskan untuk melarang semua kostum yang berhubungan dengan Squid Game untuk dipakai sebagai kostum perayaan Halloween mendatang.

Kontras dengan pelarangan yang ada, nyatanya menurut laporan Fox News, kostum ala Squid Games seperti seragam tracksuit hijau dan baju merah ala tentara Squid Games menjadi kata kunci nomor satu dalam hal pencarian kostum di dunia maya.

Dalam pernyataan resminya, Inspektur Distrik Dr. Craig J. Tice menyebutkan, sejatinya setiap tahun para kepala sekolah dasar distrik mengirimkan pedoman kostum Halloween kepada para orang tua siswa, yang isinya melarang pemakaian barang yang dapat ditafsirkan sebagai senjata, serta kostum berdarah atau menakutkan.

Kemudian, untuk Halloween tahun 2021 ini pihak sekolah memasukkan kostum Squid Games ke dalam daftar tersebut. Apalagi sebelumnya, para siswa diketahui sudah mulai aktif bermain permainan ala Squid Games versi mereka sendiri di taman bermain.

“Karena kegiatan ini, kepala sekolah kami ingin memastikan para keluarga sadar bahwa tidak pantas bagi siswa mana pun untuk mengenakan kostum Halloween dari acara ini ke sekolah karena potensi pesan kekerasan yang sejalan dengan kostum tersebut,” pungkas Dr. Craig.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini