5 Buah Penurun Kolesterol, Sering Konsumsi Yuk!

Intan Afika Nuur Aziizah, Jurnalis · Rabu 27 Oktober 2021 22:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 27 298 2492640 5-buah-penurun-kolesterol-sering-konsumsi-yuk-rdQ9TM4MVq.jpg Alpukat (Foto: Well good)

RUPANYA kolesterol yang tinggi dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Hal ini bisa membuat Anda rentan terhadap berbagai penyakit serius, seperti penyakit jantung koroner, stroke, diabetes tipe 2 hingga tekanan darah tinggi.

Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda mengendalikan kadar kolesterol dalam tubuh. Ada berbagai cara untuk menurunkan kolesterol secara alami, salah satunya mengonsumsi buah-buahan.

Berikut 5 buah penurun kolesterol, apa saja?

 pisang

1. Pisang

Buah penurun kolesterol yang pertama adalah pisang. Pasalnya, kandungan zat inulin pada pisang bisa membantu mengurangi kolesterol yang didapat dari konsumsi makanan. Dengan begitu, kadar kolesterol dalam darah pun bisa dikendalikan.

2. Alpukat

Buah penurun kolesterol yang kedua adalah alpukat. Jenis buah yang satu ini kaya akan vitamin K, C, B5, B6, E, kalium dan folat, serta senyawa lainnya yang bisa menghambat penyerapan kolesterol dalam tubuh. Rutin mengonsumsi buah alpukat juga bisa membantu menurunkan kolesterol jahat.

3. Jambu biji

Buah penurun kolesterol yang ketiga adalah jambu biji. Kandungan dalam buah jambu biji juga bisa membantu melindungi jantung, terutama dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, kandungan kalium dan serat yang ada dalam buah ini juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat, tekanan darah, serta meningkatkan kadar kolesterol baik.

4. Apel

Buah penurun kolesterol yang keempat adalah apel. Buah yang satu ini kaya akan kandungan pektin, yaitu kandungan nutrisi yang bisa membantu menurunkan kolesterol. Pasalnya, pektin dapat menyerap kolesterol dan lemak jahat yang ada di dalam usus halus, kemudian membawanya keluar tubuh melalui feses. Buah ini bisa dinikmati secara langsung ataupun diolah menjai

5. Tomat

Buah penurun kolesterol yang terakhir adalah tomat. Kaya akan vitamin dan mineral, tomat sangat baik untuk hidrasi tubuh yang merangsang sirkulasi darah, meningkatkan sel darah merah dan trombosit. Bahkan buah ini juga bisa membantu dalam melawan berbagai bentuk kanker. Selain itu, tomat juga berperan dalam mendetoksifikasi tubuh, mengurangi kolesterol, meningkatkan pencernaan, meningkatkan penglihatan serta memberikan bantuan dari berbagai masalah kulit.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini