5 Durian Termahal di Dunia, Ada yang Seharga Rp676 Juta!

Calista Angelina, Jurnalis · Kamis 28 Oktober 2021 07:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 27 298 2492754 5-durian-termahal-di-dunia-ada-yang-seharga-rp676-juta-MNo0TL4Lvr.jpg Kan Yao durian termahal di dunia (Foto: Freepik)

DURIAN, buah yang bagi banyak orang menjadi salah satu kenikmatan hidup di dunia. Tak berlebihan, karena rasa raja buah tersebut yang lezat begitu menggoda selera. 

Begitu banyak digemari, ada beragam durian di dunia. Harga setiap durian pun berbeda tergantung dengan kualitas dan jenisnya. Namun, ada 5 durian dengan label termahal di dunia karena harganya yang fantastis. Berikut 5 durian termahal di dunia yang dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (28/10/2021)

1. Cumasi

Durian Termahal di Dunia

(Foto: IG/@duriantraveler)

Negara Indonesia memiliki beragam jenis durian dengan keunikannya tersendiri. Di Bangka Belitung Anda dapat menemukan durian Namlung atau Cumasi atau durian "Tai Babi". Julukan ini diberikan karena dulunya bibit durian ini ditanam dekat kandang babi. Jadi tak ada sangkut paut soal buahnya menjadi haram.

Keistimewaannya terletak pada rasa yang lebih legit, manis sedikit pahit, daging buah yang tebal dan bijinya sangat kecil. Sayangnya, durian ini tergolong durian langka, dibanderol seharga Rp300 ribu per buah.

Baca Juga : Uniknya Durian Si Gundul, Kulitnya Tidak Berduri dan Rasanya Manis-Pahit

2. Black Thorn Rp 313 ribu

Durian Termahal di Dunia

Dengan harga S$30/kg atau Rp313 ribu rupiah durian Black Thorn memberikan rasa yang intens. Perpaduan rasa manis dan pahit, lalu dagingnya berwarna oranye, creamy dan teksturnya lengket memberikan cita rasa yang mewah. Dibandingkan dengan durian lainnya, durian ini relatif baru di pasaran tetapi orang-orang mulai membandingkannya dengan durian Mao Shan Wang.

Baca Juga ; 5 Manfaat Durian untuk Kesehatan, Apa Saja Ya?

3. Musang King (Mao Shan Wang) Rp 2,6 juta

Durian Termahal di Dunia

Durian Mao Shan Wang ini sempat menjadi durian paling populer di Singapura. Tidak hanya daging duriannya sangat lembut, tetapi rasanya juga kompleks. Daging durian Mao Shan Wang dideskripsikan sebagai kombinasi rasa pahit dan manis yang tidak biasa. Meski begitu, rasa yang dihasilkan cukup unik sehingga tak heran membuat banyak orang menyukainya. Harganya yaitu Rp 2,6 juta rupiah per kilogram.

4. J-Queen

Durian J-Queen

(Foto: Indonesia Expat)

Durian satu ini bisa Anda temui di pusat perbelanjaan Plaza Asia kota Tasikmalaya, Jawa Barat. Durian ini dijual seharga Rp14 juta per buah.

J-Queen adalah durian hibrida baru yang dibiakkan dari beberapa varietas unggul. Warna durian ini adalah kuning keemasan, rasanya unik terasa seperti kacang dan mentega. Penciptanya adalah seorang mahasiswi psikologi berusia 32 tahun bernama Aka dari Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta.

Penduduk asli Tasikmalaya mengatakan bahwa duriannya sangat dicari dan bernilai tinggi karena pohonnya hanya menghasilkan 20 buah, setiap tiga tahun. Wow wajar ya mahal!

5. Kan Yao

Durian Kan Yao

Mencetak rekor di Guinnes World Records, durian asal Thailand, Nonthaburi satu ini dijual dengan harga fantastis bahkan seharga mobil mewah yaitu USD47.990 atau Rp676 juta.

Durian satu ini digambarkan memiliki daging buah yang halus, manis dengan aroma lembut dan tekstur lembut. Sedangkan durian kualitas rendah lainnya dikatakan memiliki bau yang lebih kuat dan tekstur berair. Durian Kan Yao asal nonthaburi ini memiliki rasa dan bau yang berbeda karena dua faktor utama, yakni lingkungan Nonthaburi dan praktik budidaya petaninya.

Provinsi Nonthaburi telah menjadi pusat pertanian durian di Thailand selama lebih dari 300 tahun. Petani di wilayah ini telah mengasah teknik mereka dari generasi ke generasi, menggunakan sumber daya dan keterampilan mereka untuk menanam durian berkualitas tinggi. Salah satu sumber daya yang mereka andalkan adalah Sungai Chao Phraya, yang mengalir melalui Nonthaburi dan menyuburkan tanah. Maka tak heran, durian ini sangat berkualitas dan bernilai tinggi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini