Tanggapan Wamenkes Harga Tes PCR Rp300 Ribu

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 27 Oktober 2021 10:56 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 27 481 2492417 tanggapan-wamenkes-harga-tes-pcr-rp300-ribu-vznsJRYEtB.jpg Wamenkes Dante (Foto: YouTube/KPK RI)

HARGA tes PCR menjadi pembahasan hangat di masyarakat saat ini. Terlebih, pemerintah mengeluarkan usulan untuk calon pengguna transportasi umum melakukan testing sebelumnya.

Beberapa kelompok bersuara cukup vokal mengatakan bahwa harga tes PCR Covid-19 sangat mahal. Tidak semua orang bisa menjangkau harga tersebut, padahal peraturan menyertakan hasil negatif tes PCR menjadi mandatory sebelum perjalanan dilakukan.

Karena itu, pemerintah didesak untuk menurunkan harga tes PCR sehingga masyarakat bisa menjangkaunya tanpa merasa terbebani. Alhasil, aturan menyertakan hasil negatif PCR pun bisa tetap berlaku.

Wamenkes

Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono angkat suara terkait penurunan harga tes PCR tersebut. Menurut dia, rekomendasi harga tes PCR Covid-19 Presiden Joko Widodo yaitu Rp300 ribu sudah cukup ideal. Rekomendasi tersebut pun pastinya beralasan kuat.

"Tentu rekomendasi Bapak Presiden memberikan target untuk menurunkan tes PCR menjadi Rp300 ribu itu bukan tanpa dasar. Bapak presiden tentu sudah menghitung dan sudah mendapatkan informasi tentang berapa harga reagen, berapa harga pemeriksaan, dan berapa kapasitas yang bisa kita lakukan untuk melakukan pemeriksaan PCR," terang Wamenkes Dante di konferensi pers yang disiarkan KPK RI di Youtube, Selasa 26 Oktober 2021.

Baca Juga : Turun Harga, Tes PCR Bakal Jadi Syarat Perjalanan Semua Moda Transportasi

Ia melanjutkan, "Dari kerangka tersebut, maka setelah dihitung-hitung kelihatannya angka Rp300 ribu itu menjadi angka yang mungkin masuk akal dan deal untuk dilaksanakan."

Wamenkes Dante menjelaskan juga bahwa pemerintah sudah melakukan persiapan, antara lain melakukan permodalan untuk menyederhanakan harga reagen yang masuk. Menurutnya, itu yang paling penting, karena itu komponen terbesar dari seluruh pembiayaan dalam tes PCR.

"Jadi, dengan melakukan penurunan harga reagen yang masuk, itu yang akan menjadi model yang kami akan segera tindaklanjuti, sehingga harga tes PCR bisa menjadi di bawah Rp300 ribu atau Rp300 ribu tersebut yang sekarang masih Rp499 ribu," ujarnya.

Mengapa ini penting?

Wamenkes

Ia menegaskan, karena data yang paling penting dalam mengidentifikasi Covid-19 untuk mencegah terjadinya gelombang gelombang berikutnya adalah melakukan testing yang tepat.

"Dan testing ini bisa dilakukan oleh masyarakat secara luas, apabila harganya terjangkau. Jadi, apa yang disampaikan Bapak Presiden kami tindaklanjuti secara teknis," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini