Pakar Kesehatan Jelaskan Pentingnya Menjaga Perbatasan dengan Karantina

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 27 Oktober 2021 13:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 27 481 2492513 pakar-kesehatan-jelaskan-pentingnya-menjaga-perbatasan-dengan-karantina-tDErMAIRxk.jpg Pandemi Covid-19 (Foto: Biotech)

RUPANYA Pakar Kesehatan sekaligus Dokter Relawan Covid-19, dr. Muhamad Fajri Adda'i menjelaskan publikasi terbaru yang dirilis jurnal Nature tentang pentingnya masyarakat untuk menjaga border atau perbatasan negara.

Selain itu karantina pada pelaku perjalanan dari luar negeri juga sangat penting. Hal ini dilakukan untuk mencegah masuknya varian baru Covid-19 dari luar negeri. Hal tersebut ia sampaikan melalui unggahan di akun Instagram pribadinya @dr.fajriaddai.

 pentingnya karantina

"Jadi publikasi Ini menceritakan tentang kenapa sih Eropa pada awal tahun ini mengalami outbreak secara berurutan dan bergantian dari negara ke negara lainnya," terang dr. Fajri dalam penjelasannya.

Ia pun menjelaskan bahwa terdapat dua penyebab utama mengapa outbreak terus berkembang dan menyerang beberapa wilayah negara di Eropa, di antaranya adalah:

1. Sistem kesehatan di negara tersebut surveilansnya hanya mendeteksi satu dari tiga kasus yang terjadi.

2. Penyebaran utama itu disebabkan oleh International Travel. Jadi karena perpindahan manusia ini turut membawa serta virus.

"Itulah kenapa kita harus turut memperkuat border ataupun perbatasan dan salah satunya dengan karantina, memperkuat testing dan sebagainya. Sehingga pengawasan harus lebih diperketat," lanjutnya.

Dokter Fajri mengimbau masyarakat tidak heran jika satu kasus di suatu negara sudah turun dan tiba-tiba naik lagi. Atau bisa juga dengan kasus masuknya varian baru Covid-19 dan lain sebagainya.

"Ini karena perpindahan manusia. Jadi harapannya dengan memperkuat border kasusnya gak meledak lagi dan varian baru tidak muncul dan diimport dari luar," tuntasnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini