Viral Remaja Makan 16 Sikat Gigi dan Paku karena Disuruh Dukun, untuk Apa?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 28 Oktober 2021 08:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 27 481 2492833 viral-remaja-makan-16-sikat-gigi-dan-paku-karena-disuruh-dukun-untuk-apa-y1YBmow6WH.jpg Remaja makan sikat gigi (Foto: Nypost)

SEORANG remaja laki-laki berusia 14 tahun asal Uttar Pradesh, India, mesti menjalani operasi besar karena menelan benda-benda aneh. Tindakan tersebut dia lakukan berkat saran dukun.

Menurut laporan New York Post, bocah bernama Harish Devi tersebut punya kebiasaan makan tanah dan oleh si dukun disarankan agar si anak mengonsumsi 16 pasta gigi dan paku besi sepanjang 8 cm. Saran tersebut dipercayainya sebagai obat.

Di sisi lain, orangtua Harish pun mempercayai si dukun, bahwa benda-benda yang ditelan anaknya itu bisa menyembuhkan penyakit doyan makan tanahnya. Bahkan, orangtua Harish percaya kalau anaknya itu kerasukan setan sehingga dia bisa punya kebiasaan aneh itu.

Remaja Makan Sikat Gigi

Setelah memakan 16 sikat gigi dan paku besi, Harish bukannya membaik malah sakit perut parah. Bocah itu langsung dilarikan ke Baba Raghav Das Medical College. Bertindak cepat, ahli bedah mengeluarkan sikat gigi dan paku dari perutnya.

Baca Juga : Bagaimana Hukum Berobat ke Dukun saat Sakit?

Setelah melewati proses pembedahan yang panjang, syukurlah Harish dinyatakan baik-baik saja dan berangsur membaik. Dokter pun meyakini bahwa bocah malang tersebut bisa pulih sepenuhnya.

Sementara itu, laporan New York Post juga sedikit membahas bagaimana bisa seseorang begitu doyan makan tanah. Para ahli pun belum mempunyai bukti kuat alasannya.

Remaja Makan Sikat Gigi

Namun, ada beberapa hipotesis yang menjelaskan bahwa kebiasaan itu muncul akibat pica atau penyakit masa kanak-kanak yang umum terjadi. Menurut Healthline, pica adalah kondisi saat anak-anak mendambakan barang-barang yang tidak bisa dimakan malah tertarik untuk memakannya, mulai dari kotoran hingga rambut manusia.

Kecanduan tanah yang dialami Harish juga bisa berupa geophagia, praktik di mana orang makan kotoran atau tanah liat untuk meringankan masalah perut seperti keracunan makanan. Sayangnya, kebiasaan tersebut sebaliknya dapat membuat organ dalam tubuh terpapar logam berat, mikroba berbahaya, dan parasit.

Ini bukan pertama kalinya seseorang menelan barang yang tidak biasa untuk mencoba menyembuhkan suatu penyakit. Awal bulan ini, seorang pria Lithuania menelan paku, sekrup, mur, dan pisau dalam upaya aneh untuk berhenti minum alkohol. Selama operasi tiga jam berikutnya, dokter mengeluarkan total 1 kilogram logam dari perutnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini