4 Tips Memilih Jam Tangan, Tak Perlu Mahal Kok

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Kamis 28 Oktober 2021 18:28 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 28 194 2493093 4-tips-memilih-jam-tangan-tak-perlu-mahal-kok-Bpm4hGpkIe.jpg Ilustrasi. (Foto: Medium)

MEMBELI jam tangan ternyata bukan perkara mudah. Banyak pertimbangan yang perlu diperhatikan agar jam tangan tak lekang oleh waktu dan awet digunakan.

Bahkan David Beckham pernah mengatakan bahwa jam tangan adalah mengenai momen. Jam tangan sebenarnya adalah ungkapan apresiasi terhadap pentingnya waktu dalam mengarungi berbagai momen di kehidupan ini.

"Jam tagan adalah momen yang membuat kita bisa melihat ke belakang dan berpikir," ucap David Beckham dikutip Revolutionmagazine.

Diakui pula oleh dari CEO Radatime Hendra Kesuma, memilih jam tangan memang gampang-gampang susah. Lumrah, karena jika jam tangan yang dipakai cocok, usia pemakaiannya bisa lama, dari bertahun-tahun bahkan sampai generasi berikutnya.

"Tips bagi orang awam untuk memilih jam tangan berkualitas baik adalah dengan memilih jam orisinil dengan merek yang memiliki reputasi baik atau asal usul yang jelas. Karena untuk menjaga kebaikan mereknya, penggunaan bahan berkualitas sudah menjadi standar wajib,

Lebih lanjut, berikut tips membeli jam tangan yang aman dan sesuai bujet, namun bisa awet dipakai bertahun-tahun. Yuk simak artikelnya sebagai berikut.

Jam tangan asli, harganya gak selalu mahal

 

Padahal jam tangan yang bagus dan orisinil tidak selamanya harus mahal. Karena jam tangan adalah aksesoris ultimat yang digunakan untuk jangka panjang, maka pertimbangan atas kualitas seharusnya berada di urutan pertama.

Jam tangan paling awet dari negara ini

Jam tangan yang menggunakan mesin berkualitas akan tahan digunakan untuk jangka waktu yang panjang. Untuk saat ini, mesin jam tangan berkualitas didominasi oleh mesin asal Jepang atau Swiss, seperti merek Miyota, Seiko Epson, ETA, Ronda dan lain sebagainya.

Selain kekuatan mesin, ketersediaan suku cadang adalah pertimbangan yang cermat agar jam tangan bisa diperbaiki.


Hindari material logam

Berdasarkan penelitian EU REACH (Restriction, Evaluation and Authorisation of Chemicals) Regulation, strap jam tangan bisa menimbilkan risiko bahaya bagi kesehatan tubuh. jam tangan yang diduga memiliki kandungan berbahaya pada strap

Sebaiknya, hindari jam tangan yang menggunakan logam yang sifatnya beracun seperti timbal, kadmium, nikel, merkuri yang termasuk karsinogen atau pemicu kanker.

Zat-zat berbahaya tersebut bisa masuk ke dalam tubuh melalui pori-pori di kulit pergelangan tangan. Maka bahan material yang aman dan awet dipakai yakni jam tangan dengan strap kulit.

Sesuaikan dengan kebutuhan

 

Apa sih tujuan Anda pakai jam tangan? Apakah untuk tujuan fungsi, status, fesyen, gaya hidup, atau koleksi?

Sebelum membeli Anda harus menentukan lebih dulu agar jam tangan benar-benar terpakai dalam waktu lama.

Ya, ada orang yang membutuhkan jam tangan sebagai penyempurna fesyen. Di sini, detail informasi waktu pada jam tangan tidak lagi begitu penting.

Tipe pembeli ini biasanya mengutamakan desain atau warna untuk menyesuaikan keperluan fesyen. Apakah menjadi pelengkap aksesoris lain, busana ataukah sebagai aksesoris utama.

"Tips agar jam tangan bisa digunakan untuk jangka panjang yaitu memilih desain atau warna yang bisa digunakan di berbagai situasi fesyen," kata Hendra.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini