Begini Cara Merawat Luka Pasca Operasi di Rumah

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 28 Oktober 2021 14:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 28 481 2493170 begini-cara-merawat-luka-pasca-operasi-di-rumah-sObelTg1N4.jpg Operasi (Foto: Shutterstock)

INFEKSI Daerah Operasi (IDO) merupakan salah satu masalah yang paling banyak dialami seseorang pasca melakukan operasi. Masa rentan terjadinya IDO biasanya dalam periode 30 hari sesudah operasi dilakukan.

Hal ini sering terjadi lantaran masyarakat kerap kesulitan untuk merawat luka bekas operasinya ketika dirawat dirumah.

 operasi

Dokter Spesialis Bedah Konsultan Bedah Tim Penyusun CPG-IDO, Dr. dr. Warsinggih, Sp.B-KBD, menjelaskan IDO ini tentunya akan menimbulkan rasa sakit yang luar biasa bagi penderitanya. Meski demikian, IDO dapat dicegah dengan beberapa cara perawatan yang benar.

Dalam Virtual Media Briefing Launching Clinical Practice Guideline IDO, Kamis (28/10/2021), membagikan 4 cara merawat luka pasca operasi agar terhindari dari IDO.

1. Obat pasca operasi

Ikuti dengan seksama petunjuk penggunaan obat yang diberikan dokter. Hati-hati dengan penggunaan obat tanpa petunjuk dokter.

2. Menjaga diri

Konsumsi makanan dan minuman bergizi menjadi kunci dalam mencegah IDO. Makanan bergizi sangat berperan penting dalam proses penyembuhan seseorang. Selain itu menjaga kebersihan diri juga sangat diperlukan untuk menghindari IDO.

 

3. Kontrol

Perhatikan jadwal pertemuan kontrol berikutnya dan datang sesuai tanggal yang ditetapkan.

4. Perawatan luka pasca operasi di rumah

A. Pastikan memahami perawatan luka pasca operasi 

-Bagian gatal dan kering jangan dikelupas

-Mandi setelah 48 jam pasca bedah bila luka ditutup balutan waterproof.

 

B. Jika boleh ganti balutan sendiri

Cuci tangan dengan sabun dahulu, jangan sentuh area luka. Pasang balutan atau perban secara hati-hati dan jangan sentuh bagian dalam balutan dan tidak mengoleskan krim antiseptik di bawah balutan atau perban.

C. Jika ada kecurigaan pada luka

Misalnya bertambah nyeri atau berbau tidak sedap. Jangan ragu untuk konsultasikan ke dokter atau tenaga medis lainnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini