Jika Ingin Covid-19 Jadi Endemi, Kasus Positif Tak Boleh Lewati 2.700 per Hari

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Kamis 28 Oktober 2021 18:21 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 28 481 2493313 jika-ingin-covid-19-jadi-endemi-kasus-positif-tak-boleh-lewati-2-700-per-hari-16spRDnKQy.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone)

JURU Bicara Vaksinasi Covid-19 dr Siti Nadia Tarmizi MEpid bicara soal kemungkinan munculnya gelombang ketiga. Mungkinkah terjadi di Indonesia?

dr Nadia mengatakan, Kementerian bersama Satgas Covid-19, serta berbagai stakeholder pemerintah berupaya semaksimal mungkin untuk mencegah terjadinya gelombang ketiga Covid-19. Namun adanya mutasi virus baru dan lengahnya masyarakat untuk patuh protokol kesehatan terkadang sulit diprediksi.

"Pada situasi membaik ini tantangannya kami menjaga agar kasus Covid-19 tetap rendah dan ini jadi kunci dimana kita bisa menuju kondiisi endemisitas yang sedikit ini, target kita adalah maksimal 2.700 kasus per hari," ujarnya saat Media Workshop bersama BPJS Kesehatan, Rabu (28/10/2021)

Baca Juga: Dokter Gizi Ungkap Diet Terbaik: Tak Eliminasi Komponen Makanan

Nadya mengatakan, di situasi yang membaik ini, Indonesia bisa saja mengalami gelombang ketiga Covid-19. Apalagi sekarang muncul varian baru turunan virus delta yaitu ay 4.2.

"Tapi adanya gelombang ke-3 bisa terjadi meski tingginya vaksinasi dan ketika prokes rendah. Kita perlu memperhatikan prokes di level masyarakat dan individu," ujarnya.

 

Belum lagi liburan akhir tahun akan segera tiba. Di momen ini, mobilitas masyarakat juga semakin tinggi.

"Kita akan menghadapi akhir tahun, yakni tentu ada peningkatan mobilitas masyarakat, yang seharusnya tidak boleh mencapai 10 persen, Jika lebih dari 10 persen kita melakukan pembatasan dan mengurangi dan memperketat mobilitas," tutupnya.

(mrt)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini