Varian AY.4.2 Jadi Ancaman Baru, Satgas: Kita Belum Tahu Karakteristiknya

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 28 Oktober 2021 19:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 28 481 2493358 varian-ay-4-2-jadi-ancaman-baru-satgas-kita-belum-tahu-karakteristiknya-mpFGc0yOPZ.jpg Prof Wiku (Foto: YouTube/Sekretariat Presiden)

COVID-19 AY.4.2 bagian dari mutasi varian Delta menjadi ancaman baru global. Pasalnya lonjakan kasus karena varian ini ditengarai sedang terjadi di Inggris.

Terkait varian AY.4.2, pemerintah melalui Satgas Covid-19 menyatakan mereka belum mengetahui seperti apa karakter dari varian AY.4.2 tersebut.

Wiku

“Sebenarnya bukan varian baru, tapi bagian dari varian Delta yang bermutasi tambahan. Jenis varian AY dari mutasi varian Deltan ini beragam, dari AY.1 sampai AY.28, oleh karena itu kita belum bisa tahu apakah berbagai jenis varian Delta ini punya karateristik khusus yang bisa mempengaruhi laju penularan, keparahan gejala, maupun vaksinasi karena studi terkait tersebut masih berlangsung,” jelas Prof. Wiku, dalam siaran langsung Perkembangan Penanganan Covid-19 di Indonesia, di akun chanel Sekretariat Presiden, Kamis (28/10/2021).

Baca Juga : Menkes Budi Ingatkan Varian AY.4.2 Berpotensi Mengkhawatirkan

Maka dari itu, sebagai langkah antisipasi pemerintah sampai sejauh ini masih menerapkan strategi penanganan yang sama seperti yang sudah dilakukan selama ini.

“Terkait dengan hal (varian AY) ini, pemerintah memaksimalkan pelaksanaan strategi yang sudah ditetapkan. Karantina perjalanan, protokol kesehatan 3M, 3T (testing, tracing, treatment) dan vaksinasi. Tujuannya agar bisa mencegah semua varian yang baru dan meminimalisir pembentukan mutasi baru di dalam negeri,” pungkas Prof. Wiku.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini