Amerika Beri Predikat Indonesia Green Zone, Negara yang Aman Dikunjungi

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 29 Oktober 2021 16:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 29 481 2493812 amerika-beri-predikat-indonesia-green-zone-negara-yang-aman-dikunjungi-lUd9aHkK5Z.jpg Indonesia (Foto: Okezone)

JURU Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 dan Duta Perubahan Perilaku, dr. Reisa Broto Asmoro menegaskan bahwa saat ini situasi Covid-19 di Indonesia dalam keadaan amat sangat terkendali.

Menurunnya kasus Covid-19 di Indonesia bahkan telah mendapat pengakuan dari luar negeri, salah satunya adalah Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat (AS).

ย pandemi Covid-19

Dalam sesi jumpa pers secara virtual, Jumat (29/10/2021), dr. Reisa menjelaskan bahwa saat ini CDC telah mengkategorikan Indonesia sebagai wilayah hijau atau green zone. Predikat tersebut dengan kata lain membutkikan bahwa saar ini Indonesia telah menjadi salah satu negara dengan insiden Covid-19 yang rendah dan aman untuk dikunjungi.

โ€œOleh karena itu CDC meminta pelancong dari Amerika Serikat (AS) yang hendak ke Indonesia sudah harus divaksin lengkap sebelum bepergian ke Indonesia. CDC juga mengimbau bagi warganegara AS yang hendak ke Indonesia harus mengikuti rekomendasi atau persyaratan di Indonesia, termasuk mengenakan masker dan menjaga jarak,โ€ terang dr. Reisa.

Tak hanya itu, kasus dr. Reisa juga menjelaskan bahwa situasi Covid-19 di tingkat nasional dan ptovonsi juga terus menunjukkan tren positif. Sebab saat ini telah terjadi penurunan kasus harian dan tingkat kematian masyarakat akibat Covid-19 secara signifikan.

โ€œSaat ini situasi Covid-19 di Indonesia baik di tingkat nasional dan provinsi sangat baik. Terjadi tren penurunan kasus mingguan sebesar 23 persen dan terjadi penurunan kasus kematian sebesar 16 persen dibandingkan dengan minggu sebelumnya,โ€ tuntasnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini