Beautypedia: Tips Rutinitas Perawatan Kulit Kering Akibat Menopause

Wilda Fajriah, Jurnalis · Sabtu 30 Oktober 2021 06:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 29 611 2493735 beautypedia-tips-rutinitas-perawatan-kulit-kering-akibat-menopause-aAcVrWYwxJ.jpg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

SESEORANG dapat tiba-tiba mengalami masalah kulit kering, dehidrasi, pori-pori membesar, bintik matahari dan jerawat, yang mungkin belum muncul ketika mereka berusia 20-an dan 30-an.

Namun, seiring bertambahnya usia, metabolisme kulit menjadi lambat, sehingga menyebabkan kekuatan kulit lemah. Proses pembaruan kulit sekarang memakan waktu 40-45 hari dari sebelumnya 28-35 hari di awal usia 20-an. Karena produksi estrogen menurun, itu merangsang produksi kolagen.

Kolagen bertanggung jawab atas kekuatan dan elastisitas kulit. Kekencangan kulit hilang dan mulai melorot. Garis-garis halus menjadi lebih jelas di kulit selain kantong di bawah mata Anda. Kulit menjadi lebih tipis dan kulit tipis lebih mudah memar.

Kulit Kering

Sebuah studi yang dilansir Pinkvilla pada Sabtu (30/10/2021) menunjukkan bahwa dalam lima tahun pertama menopause, seorang wanita kehilangan 30 persen kolagen. Pasca itu, penurunan kolagen menjadi lebih cepat.

Rutinitas perawatan kulit untuk mengatasi garis-garis halus dan kekeringan

Dehidrasi kulit Anda setelah menopause adalah salah satu masalah terbesar karena tingkat asam hialuronat juga menurun. Seseorang harus menggunakan minyak wajah dan mencari produk yang akan memanjakan dan menghidrasi daripada mengelupas.

Baca Juga : Jangan Asal Poles, Ini 6 Tips Makeup untuk Cewek Pemilik Kulit Kering

Produk yang mengandung gliserin dan asam hialuronat sangat ideal untuk membantu mengurangi hilangnya kelembapan trans epidermal. Selama menopause, tingkat pH kulit dapat berubah, membuatnya lebih sensitif dan rentan terhadap iritasi.

Jika Anda memiliki kondisi kulit yang sudah ada, seperti eksim atau rosacea, ini bisa memburuk. Dalam kondisi seperti itu, pilihlah produk bebas pewangi yang bersih dan lembut di kulit.

Anda juga dapat menenangkan kulit Anda dengan menyertakan makanan kaya vitamin C seperti amla, jeruk, brokoli, beri, dan pepaya ke dalam diet Anda. Bahkan asupan omega 3 dan Vitamin E harus ditingkatkan.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini