5 Jenis Makanan untuk Mengurangi Rambut Rontok, Apa Saja?

Wilda Fajriah, Jurnalis · Jum'at 29 Oktober 2021 23:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 29 611 2493822 5-jenis-makanan-untuk-mengurangi-rambut-rontok-apa-saja-LB3sXRQs7n.jpg Rambut rontok (Foto: Rush hair)

APAKAH Anda lelah menemukan helai rambut di ikat rambut, bantal, pakaian, dan sisir? Rambut rontok tidak kurang dari mimpi buruk bagi kita semua dan pasti terasa menyedihkan kehilangan helai rambut setiap hari.

Rambut rontok dapat menjadi konsekuensi dari berbagai faktor seperti masalah kesehatan yang mendasarinya, penuaan, gen, dan banyak lagi. Namun, itu tidak eksklusif untuk kelompok orang tertentu yang membuat setiap individu rentan terhadap pengalaman buruk ini.

Meskipun mengikuti rezim perawatan rambut yang konsisten, orang-orang pada akhirnya kehilangan rambut, tetapi di antara berbagai metode perawatan rambut yang tersedia, kita sering melewatkan obat utama kerontokan rambut, yakni diet yang sehat dan seimbang.

Nah, melansir laman Times Now News pada Jumat (29/10/2021), berikut adalah 5 jenis makanan yang bisa Anda konsumsi untuk mengurangi rambut rontok.

 bayam

1. Bayam

Sumber zat besi, vitamin C, folat, dan vitamin A yang kaya, bayam dapat mengurangi kerontokan rambut dan meningkatkan pertumbuhan. Ingat bagaimana ibumu dulu memintamu makan sayuran hijau? Sekarang setelah Anda mengetahui manfaatnya, sepertinya bukan ide yang buruk, bukan?

2. Alpukat

Sumber lemak sehat yang lembut ini kaya akan vitamin E. Stres oksidatif adalah salah satu penyebab umum rambut rontok, kerusakan, dan penuaan. Penelitian telah menunjukkan manfaat vitamin E dalam mengurangi stres oksidatif oleh karena itu memasukkan alpukat ke dalam makanan akan terbukti menjadi pilihan yang sehat.

3. Telur

Selain sebagai sumber protein yang sangat baik, telur juga merupakan sumber yang kaya akan zat besi dan vitamin B. Kuning telur mengandung biotin, juga dikenal sebagai vitamin B7 adalah salah satu vitamin B yang dapat meningkatkan kesehatan rambut dan mengurangi kerontokan. Jumlah asupan harian yang cukup adalah 30 mcg.

4. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Kacang dan biji-bijian perlahan-lahan mendapatkan pengakuan yang layak mereka dapatkan. Terlepas dari berbagai manfaat kesehatan yang mereka tawarkan, mempromosikan kesehatan rambut adalah salah satu manfaat yang menonjol. Mereka adalah sumber yang kaya vitamin dan antioksidan yang dapat mengurangi rambut rontok dan meningkatkan kekuatan dan pertumbuhan.

5. Salmon

Ikan berlemak seperti salmon merupakan sumber yang kaya akan asam lemak omega-3. Penelitian telah menunjukkan manfaat omega-3 dalam mempromosikan rambut yang lebih kuat dan lebih tebal. Peningkatan kekuatan dapat mengurangi rambut rontok, sehingga meningkatkan pertumbuhan.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini