Share

Deretan Makanan yang Sama Sekali Enggak Nyambung dengan Namanya

Wilda Fajriah, Jurnalis · Minggu 31 Oktober 2021 13:47 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 31 298 2494470 deretan-makanan-yang-sama-sekali-enggak-nyambung-dengan-namanya-wOoGpjAO9Z.jpg California Roll (Foto: Just one cookbook)

RUPANYA di dunia ini, ada beberapa menu makanan yang ternyata isinya sama sekali enggak mirip dengan namanya. Sebut saja crab stick.

Selain itu, ada juga nama makanan yang membawa suatu kota atau negara, tetapi padahal makanan tersebut bukan berasal dari wilayah itu.

Penasaran apa saja nama menu makanan yang ternyata enggak nyambung dengan isi atau maknanya? Mengutip akun TikTok Max Klimenkyo pada Minggu (31/10/2021), berikut rinciannya.

 crab stick

1. Crab stick

Saat mendengar nama menu yang satu ini, pasti yang terlintas di pikiran Anda adalah menerjemahkan kata crab ke dalam bahasa Indonesia yang berarti kepiting. Padahal, crab stick sama sekali bukan terbuat dari kepiting.

Crab stick adalah makanan olahan dari surimi yang dibentuk dan diwarnai menjadi mirip kepiting. Meskipun secara bentuk dan warna menyerupai kepiting, tetapi rasanya lebih mirip baso atau sosis ikan, sebab memang bahan bakunya adalah daging ikan yang dilumatkan.

2. Peanuts

Sama seperti sebelumnya, nama makanan satu ini tidak mengandung arti sebenarnya. Karena jika Anda mendengar kata peanuts, maka yang dibayangkan adalah kacang-kacangan dari kelompok nuts. Padahal, yang dimaksud dengan peanuts adalah kacang-kacangan yang termasuk dalam kelompok beans.

Untuk membedakannya, beans adalah biji dari tumbuhan polong-polongan contohnya, kacang merah, kacang polong, kedelai, dll. Kemudian nuts adalah biji dari pohon-pohonan, contohnya hazelnut, walnut, dll.

3. California roll

California roll merupakan nama menu dari salah satu sushi. Meski membawa nama California yang merupakan negara bagian Amerika Serikat, namun bukan berarti makanan ini berasal dari Amerika.

Menurut penjelasan dari video tersebut, California roll merupakan olahan makanan sushi yang dibuat oleh chef asal Jepang yang saat itu sedang berada di Kanada.

4. French fries

Sama seperti California roll, french fries bukan berarti berasal dari Prancis meski memboyong kata French. Kentang goreng yang gurih ini ternyata berasal dari Belgia.

5. Caesar salad

Lagi-lagi, meski nama makanan satu ini bernama Caesar Salad, tetapi itu tidak ada hubungannya sama sekali dengan Julius Caesar.

Selada ini diciptakan oleh Caesar Cardini, seorang pemilik restoran imigran Italia yang membuka restoran di Meksiko dan Amerika Serikat.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini