Share

Singapura Akhirnya Pakai Vaksin Sinovac untuk Program Vaksinasi Nasional

Pradita Ananda, Jurnalis · Senin 01 November 2021 13:49 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 01 612 2494871 singapura-akhirnya-pakai-vaksin-sinovac-untuk-program-vaksinasi-nasional-sjDByq8JcZ.jpg Ilustrasi Vaksin Covid-19. (Foto: Freepik)

MESKIPUN awalnya vaksin Covid-19 Sinovac-CoronaVac produksi PT Sinovac, China, tidak masuk dalam program vaksin nasional di Singapura, kini negara tersebut memutuskan untuk memasukan vaksin Covid-19 dalam jajaran vaksin nasional tersebut.

Mulai sejak Sabtu 30 Oktober kemarin, mereka yang ingin mendapatkan vaksin Sinovac dapat melakukan vaksinasi di Raffles City Convention Centre (dengan melakukan pendaftaran terlebih dahulu). Sebelumnya, vaksin Covid-19 memang bisa dibeli secara umum tanpa melalui program vaksin nasional.

Namun khusus untuk kelompok orang lanjut usia, vaksinasi bisa dilakukan secara walk-in langsung tanpa pendaftaran perjanjian sejak Minggu 31 Oktober 2021. Dengan cara ini, Kementerian Kesehatan Singapura menyebutkan kapasitas vaksinasi akan semakin luas.

β€œIni akan sangat memperluas kapasitas di atas klinik swasta dan lembaga kesehatan publik yang mengelola vaksin Sinovac-CoronaVac atas nama Kementerian Kesehatan (MOH),” bunyi siaran pers Kementerian Kesehatan, Sabtu 30 Otober, seperti dikutip Chanel News Asia, Senin (1/11/2021).

Pekan lalu, gugus tugas multi Kementerian COVID-19 Singapura diketahui sudah mengumumkan bahwa vaksin Sinovac akan dimasukkan dalam Program Vaksinasi Nasional Singapura.

Bagi orang-orang yang belum divaksinasi sama sekali bisa mendaftarkan diri mereka mulai hari Sabtu lalu. Sementara itu, bagi yang sudah dapat satu dosis vaksin Sinovac bisa menyelesaikan tiga dosis lengkapnta di klinik swasta mana pun yang berwenang.

Sementara itu, Departemen Kesehatan Singapura juga mengimbau bagi orang-orang yang tidak bisa mengambil atau menyelesaikan dosis vaksinasi memakai vaksin mRNA karena alasan medis, disarankan untuk divaksinasi dengan memakai vaksin Sinovac-CoronaVac.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini