Jika Vaksinasi Lebih dari 85%, Naik Pesawat Tak Perlu Tes Antigen

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 02 November 2021 15:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 02 481 2495518 jika-vaksinasi-lebih-dari-85-naik-pesawat-tak-perlu-pakai-tes-yYKTblztCv.jpg Naik pesawat (Foto: Twisted food)

EPIDEMIOLOG dari Griffith University, Australia, Dicky Budiman memberikan tanggapannya terkait dengan rencana pemerintah yang memberikan izin tes antigen sebagai syarat utama melakukan perjalanan udara di wilayah Jawa dan Bali.

Menurut Dicky, tes antigen sebenarnya dinilai cukup aman sebagai syarat melakukan penerbangan domestik. Terlebih saat ini banyak masyarakat sudah mendapatkan vaksinasi.

 Vaksinasi Covid-19

Sebagaimana diketahui, Menko PMK, Muhajir Effendy mengatakan usai rapat yang diselenggarakan pada Senin (1/11/2021), bahwa syarat perjalanan udara di wilayah Jawa dan Bali tidak lagi diwajibkan menggunakan PCR sebagai syarat utamanya. Sebagai gantinya masyarakat bisa menggunakan tes antigen.

Baca juga: Mulai Besok, Tarif Rapid Test Antigen di Stasiun Turun Jadi Rp45.000

“Orang yang divaksin lengkap itu, kecil kemungkinan menularkan (Covid-19). Selain karena jumlah virus yang di dalam tubuhnya yang jauh lebih kecil daripada orang yang belum divaksinasi. Selain itu memakain masker juga menjadi kewajiban bagi semuanya. Ini semakin mengecilkan potensi penularan kasus bisa sampai 3-5 kali lipat jauh lebih kecil dari sebelumnya,” terang Dicky.

Ia menambahkan, berdasarkan data, ada 1,2 miliar penumpang sejak pandemi Covid-19 yang memakai pesawat. Dari data tersebut ditemukan adanya satu kasus infeksi dari setiap 27 juta penumpang.

Data tersebut diperoleh sebelum adanya vaksin Covid-19 dan sosialisasi protokol kesehatan yang ketat. Namun dengan hadirnya vaksin dan prokes yang ketat, satu kasus infeksi per 27 Juta penumpang mungkin bisa ditekan menjadi satu kasus per 60 atau 70 juta penumpang.

“Dengan ditambah lagi adanya tes antigen, itu akan semakin mengecilkan potensi penularan. Ini yang semakin membuktikan kenapa pesawat nggak perlu pakai tes yang ketat, terutama di dalam negeri," ujarnya.

Bahkan ketika cakupan vaksinasi sudah 85 persen, tidak perlu ada tes saat pergi di dalam negeri. Kecuali perjalanan luar negeri.

"Sebab masing-masing negara ingin standar keamanan tertinggi ada dalam pesawat sehingga tes diperlukan untuk perjalanan luar negeri. Tapi kalau dalam negeri tidak masalah,” tuntasnya. (DRM)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini