Share

SBY Idap Kanker Prostat, Yuk Pelajari 5 Cara Mencegahnya

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 02 November 2021 15:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 02 612 2495500 sby-idap-kanker-prostat-yuk-pelajari-5-cara-mencegahnya-3mgYbC8QYe.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MANTAN Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) harus melakukan medical check-up dan treatment untuk mengobati kanker prostat. SBY pun harus terbang ke luar negeri untuk mendaptkan pengobatan.

Staf Pribadi SBY, Ossy Dermawan, mengatakan kondisi kanker prostat SBY masih dalam tahap stadium awal. Ini didapat dari pemeriksaan MRI, biopsi, PET Scan, dan pemeriksaan penunjang lainnya.

Berkaca dari SBY, kanker prostat sendiri semakin rawan seiring bertambahnya usia seseorang. Selain itu, ras dan faktor genetik juga dikatakan akan memengaruhi faktor risiko. Dilaporkan laman Hopkins Medicine, diet dan gaya hidup yang sehat dan seimbang memberi peluang besar seseorang terhindari dari kanker prostat.

"Kebiasaan makan yang buruk dan pola makan yang banyak mengandung lemak dan protein hewani, dapat menyebabkan kerusaman DNA dan ini menyebabkan kanker," ungkap laman kesehatan tersebut, dikutip MNC Portal, Selasa (2/11/2021).


"Bahkan, pria dengan risiko pun masih bisa dikontrol faktor risikonya dengan menjalani hidup sehat dan makan bergizi serta seimbang," tambah laporan tersebut.

Nah, ada beberapa cara untuk menerapkan hidup sehat guna menurunkan faktor risiko kanker prostat. Berikut ulasannya:

Perbaiki pola makan

Salah satu yang penting adalah kurangi lemak. Artinya, sangat direkomendasikan untuk Anda mulai sekarang konsumsi makanan yang sedikit mengandung lemak trans dan lemak jenuhnya. "Beri fokus perhatian pada asupan yang mengandung omega-3 tinggi seperti ikan dan biji-bijian," saran laporan tersebut.

Selain itu, perbanyak konsumsi buah dan sayur. Jangan lupa untuk konsumsi teh hijau dan kacang kedelai. Hal penting lainnya yang perlu dilakukan adalah hindari terlalu banyak konsumsi makanan yang dibakar.

Aktif bergerak

Olahraga secara teratur benar-benar akan memberi dampak baik pada tubuh Anda. Olahraga itu membantu tubuh Anda sembuh dari peradangan, meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, dan melawan beberapa efek negatif dari gaya hidup buruk Anda selama ini. Dengan banyak bergerak, Anda memulai upaya pencegahan kanker.

Berhenti merokok dan minum alkohol

Berhenti merokok adalah upaya nyata mencegah kanker. Untuk konsumsi alkohol, ahli pun menyarankan untuk tidak mengonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan.

Baca Juga: Hari Ini, SBY Berangkat Jalani Perawatan Medis di Minneapolis Amerika Serikat

Tingkatkan vitamin D

Vitamin D terbukti dapat membantu melindungi seseorang dari kanker prostat. Makanan kaya vitamin D termasuk minyak ikan cod, salmon, dan jamur shitake.

"Karena matahari adalah sumber vitamin D yang lebih baik dan tersedia gratis, banyak ahli merekomendasikan untuk berjemur 10 menit di bawah paparan sinar matahari setiap hari," saran laporan tersebut.

Tetap aktif secara seksual

Dua penelitian yang pernah dilakukan menunjukkan bahwa pria yang memiliki frekuensi ejakulasi lebih tinggi (dengan atau tanpa pasangan seksual) memiliki kemungkinan dua pertiga lebih kecil untuk didiagnosis menderita kanker prostat. Beberapa ahli juga berteori bahwa ejakulasi membersihkan tubuh dari racun dan zat lain yang dapat menyebabkan peradangan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini