Hindari Kebotakan Dini, Begini 3 Tips Atasi Kerontokan Rambut

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 03 November 2021 20:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 03 611 2496244 hindari-kebotakan-dini-begini-3-tips-atasi-kerontokan-rambut-U9mMqPmaYZ.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SETIAP orang dewasa pasti mengalami kerontokan rambut sebanyak 100.000 hingga 150.000 helai rambut atau sekira 50-100 helai setiap harinya. Jumlah ini masih tergolong normal dan tidak perlu terlalu dikhawatirkan.

Tapi, jika terlalu banyak maka kerontokan bisa membuat kebotakan. Biasanya, kerontokan terjadi ketika seseorang tidur di malam hari. Kerontokan pada rambut pun dapat terjadi akibat berbagai factor internal dan eksternal.

Salah satunya adalah berbagai kerusakan terhadap rambut yang terjadi ketika kita sedang tidur di malam hari. Inilah berbagai cara agar mencegah kerontokan rambut akibat rutinitas waktu tidur Anda:

Gunakan perawatan rambut dan kulit kepala

Masker rambut yang dibiarkan semalaman adalah cara ideal untuk memberikan nutrisi dan kelembapan yang sangat dibutuhkan helai rambut Anda untuk meningkatkan elastisitas rambut, kekuatan rambut, dan membantu menurunkan lapisan permukaan luar rambut untuk rambut yang lebih berkilau dan lebih mudah diatur.

Sedangkan perawatan yang langsung dioleskan pada kulit kepala merangsang pertumbuhan sel rambut yang sehat dan memperkuat folikel rambut yang melemah.

Rambut Rontok

Menggunakan sarung bantal sutra atau satin

sarung bantal sutra atau satin mengurangi gesekan yang terjadi pada kulit kepala oleh bantal, dibandingkan dengan serat katun. Selain itu, sarung bantal katun juga menyerap kelembapan dari rambut Anda, membuat helaian rambut Anda lebih kering, kusut, dan rentan patah.

Hindari tidur dengan rambut basah

Rambut Anda berada pada kondisi paling rentan ketika basah. Pastikan untuk mengeringkan rambut Anda sepenuhnya untuk menghindari rambut tertarik dan patah ketika tidur.

Ingin tahu lebih lanjut tentang first class Lifestyle, silakan klik HighEnd-Magazine.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini