6 Bahan Alami yang Ampuh Obati Kulit Terkelupas karena Cuaca Ekstrem

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 03 November 2021 20:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 03 611 2496268 6-bahan-alami-yang-ampuh-obati-kulit-terkelupas-karena-cuaca-ekstrem-xzKn3Q2umh.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

BEBERAPA wilayah di Indonesia memang tengah memasuki cuaca ekstrem. Ada kalanya matahari bersinar dengan terik, tapi kemudian hujan deras mengguyur.

Cuaca ekstrem ini bukan hanya memengaruhi kondisi kesehatan kita, tapi juga kondisi kulit. Pasalnya, kulit rawan kering hingga rentan terkelupas yang bisa membuat kita tidak nyaman. Lapisan luar epidermis yang mulai terkelupas, dapat menyebabkan pendarahan bahkan membuat kulit Anda terlihat jelek.

Jika kondisi kulit Anda semakin parah dan menimbulkan rasa sakit, sebaiknya Anda mulai mengambil langkah untuk mengobati kondisinya. Melansir Pinkvilla, berikut adalah beberapa bahan alami yang dapat Anda gunakan untuk mengobati kondisi kulit terkelupas.

Kulit Kering

Madu

Menerapkan madu pada area yang terkena akan membantu Anda meringankan rasa sakit dengan menahan sebagian kelembapan dari lingkungan. Madu dikenal karena sifatnya yang menghidrasi dan memberi nutrisi yang bertindak paling baik terhadap kutikula yang mengelupas.

Susu

Susu adalah pelembab yang bagus dan mengandung mikronutrien yang membuat kulit Anda lembut dan halus. Anda dapat mengonsumsi susu setiap hari atau Anda dapat mencelupkan tangan ke dalam susu selama 15 menit atau lebih.

Tetap Terhidrasi

Minum air putih dapat meningkatkan sirkulasi darah kita dan juga akan membantu tubuh kita terhidrasi sepenuhnya. Meski kebutuhan air setiap orang berbeda, namun minumlah setidaknya 8 gelas per hari.

Air Hangat

Air hangat dapat menyembuhkan sebagian besar masalah kulit kita. Yang perlu Anda lakukan adalah mencelupkan tangan Anda ke dalam air hangat dengan tambahan jus lemon dan diamkan sebentar. Kemudian keringkan tangan Anda dan oleskan losion atau minyak pelembab agar tetap terhidrasi.

Lidah buaya

Aloe Vera adalah alternatif yang bagus untuk menjaga kulit terhidrasi dan untuk menghilangkan rasa sakit, gatal dan kekeringan. Oleskan beberapa gel lidah buaya ke daerah yang terkena dan biarkan bekerja dengan ajaib.

Petroleum Jelly

Jika Anda merasa terlalu malas untuk melakukan salah satu hal di atas, ambil saja sekotak petroleum jelly yang pasti ada di rumah Anda. Mereka mengandung mentega yang bagus untuk melembabkan kulit. Cara terbaik adalah menerapkannya dan membiarkannya semalaman.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini