Share

Cek Fakta: Skincare Jadi Cara Obati Autoimun Kulit

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 03 November 2021 19:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 03 612 2496260 cek-fakta-skincare-jadi-cara-obati-autoimun-kulit-3bBsejH4zr.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PENYAKIT autoimun memang bisa terjadi karena banyak sebab. Bahkan, penyakit autoimun bisa terjadi di sekitaran kulit kita. Sayangnya, penyakit autoimun ini lebih banyak terjadi di saat pandemi Covid-19.

Autoimun sendiri adalah gangguan sistem imun, dimana sistem imun ini salah mengenali sel tubuhnya sendiri. Akibatnya, sistem imun tersebut menyerang sel tubuhnya.

Saat ini tiga penyakit autoimun kulit yang paling sering muncul selama masa pandemi Covid-19 ini ialah Psoriasis, Vitiligo, dan Urtikaria (biduran). Di sisi lain, banyaknya mitos penyakit autoimun bisa disembuhkan dengan skincare menjadi pemicu orang malas memeriksakan diri ke dokter. Lantas, benarkah skincare bisa sembuhkan autoimun?

Spesialis kulit dan kelamin (Dermato-venereologi), dr. Amelia Soebyanto, Sp.DV, menjelaskan bahwa penyakit autoimun kulit tidak bisa diobati dengan sembarangan. Sebab pengobatan autoimun kulit membutuhkan teknik khusus.

Skincare

"Harus melakukan pengobatan terlebih dahulu hingga kondisinya terkontrol. Skincare ini memiliki kandungan yang relatif banyak. Semakin banyak zat yang digunakan pada saat mengalami autoimun akan berpotensi mencetuskan iritasi," kata dr. Amelia, dalam virtual media briefing, Rabu (3/11/2021).

Lebih lanjut, dr. Amelia menjelaskan kalau produk skincare yang digunakan tidak cocok maka juga akan mengakibatkan iritasi. Oleh sebab itu, ada baiknya untuk meminimalisir penggunaan produk skincare pada kulit. "Kalau mau gunakan moisturizer atau pelembab pada kulit agar lebih aman.

"Pelembab banyak macamnya, tapi bisa gunakan pelembab untuk kulit sensitif karena mengandung bahan-bahan yang tingkat iritasinya rendah atau hipoalergenik sehingga dapat meminimalisasi iritasi," tuntasnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini