6 Makanan untuk Jaga Imunitas Tubuh Selama Pandemi, Jangan Sampai Drop!

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 04 November 2021 19:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 04 298 2496747 6-makanan-untuk-jaga-imunitas-tubuh-selama-pandemi-jangan-sampai-drop-i76pTlOT3D.jpeg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

MENJAGA imunitas agar tetap stabil di tengah kondisi pandemi seperti saat ini, sangatlah penting. Makan-makanan bergizi penting untuk dikonsumsi.

Ada banyak jenis makanan yang dapat meningkatkan imunitas. Seperti dikutip dari lamam Health Line, berikut ini 6 makanan yang baik dikonsumsi untuk menjaga imunitas di saat pandemi:

1. Yogurt

Yoghurt

Carilah yogurt yang memiliki tulisan "kultur hidup dan aktif" pada labelnya, seperti yogurt Yunani . Kultur ini dapat merangsang sistem kekebalan Anda untuk membantu melawan penyakit.

Cobalah untuk memakan yogurt tanpa rasa daripada yang diberi perasa dan sarat terdapat gula di dalamnya. Anda bisa mempermanis sendiri yogurt tawar dengan buah-buahan sehat dan sedikit madu .

Yogurt juga bisa menjadi sumber vitamin D yang bagus. Vitamin D membantu mengatur sistem kekebalan dan dianggap dapat meningkatkan pertahanan alami tubuh kita terhadap penyakit.

Baca Juga : 10 Cara Meningkatkan Imun Tubuh Selama Pandemi, Jadi Gak Gampang Sakit!

2. Bawang putih

Bawang putih ditemukan di hampir setiap masakan di dunia. Pada peradaban awal, bawang putih dqpat memerangi infeksi.

Bawang putih juga dapat memperlambat pengerasan arteri, dan terdapat bukti lemah bahwa bawang putih membantu menurunkan tekanan darah. Sifat meningkatkan kekebalan bawang putih berasal dari konsentrasi tinggi senyawa yang mengandung sulfur, seperti allicin.

Baca Juga : 5 Makanan Sehat Khas Vietnam Ini Bisa Tingkatkan Imunitas, Patut Dicoba

3. Jahe

Jahe adalah bahan lain yang banyak digunakan, baik untuk pengobatan maupun bumbu masakan. Jahe dapat membantu mengurangi peradangan, yang dapat membantu mengurangi sakit tenggorokan dan penyakit inflamasi. Jahe juga dapat membantu meredakan mual .

4. Jeruk

Sebagaimana diketahui, vitamin C dianggap meningkatkan produksi sel darah putih, yang merupakan kunci untuk melawan infeksi.

Hampir semua jenis buah jeruk mengandung vitamin C yang tinggi, baik untuk tubuh. Anda bisa menambahkan perasan jeruk ke dalam makanan atau minuman, sebagai tambahan vitamin.

5. Kunyit

Kunyit

Anda mungkin tahu kunyit sebagai bahan utama dalam banyak masakan. Bumbu pahit berwarna kuning cerah ini juga telah digunakan selama bertahun-tahun sebagai anti-inflamasi dalam mengobati osteoartritis dan rheumatoid arthritis .

Dalam sebuah penelitiam menunjukkan, bahwa konsentrasi tinggi kurkumin, yang memberi warna khas pada kunyit, dapat membantu mengurangi kerusakan otot akibat olahraga. Kurkumin menjanjikan sebagai penguat kekebalan (berdasarkan temuan dari penelitian pada hewan ) dan antivirus .

6. Paprika merah

Jika Anda menganggap buah jeruk memiliki vitamin C paling banyak dari buah atau sayuran apapun, ternyata paprika merah mengandung hampir tiga kali lebih banyak vitamin C, juga kaya akan beta karoten .

Selain meningkatkan sistem kekebalan tubuh arau imunitas Anda, vitamin C dapat membantu menjaga kesehatan kulit . Beta karoten, yang diubah tubuh Anda menjadi vitamin A , membantu menjaga kesehatan mata dan kulit.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini