4 Manfaat Nonton Film Horor, Salah Satunya Membakar Kalori

Hasyim Ashari, Jurnalis · Kamis 04 November 2021 21:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 04 612 2496785 4-manfaat-nonton-film-horor-salah-satunya-membakar-kalori-Lcmh4tf6Rq.jpg Nonton film horor (Foto: Wexner)

RUPANYA Menonton film horor ternyata memiliki sensasi terbaik yang pernah ada. Mulai dari jantung yang berdegup kencang, otot menegang, berteriak, meloncat.

Ternyata banyak orang yang menyukai sensasi dan perasaan merinding itu. Makanya tak heran film horor bikin kecanduan.

Selain mengundang rasa takut dan cemas setelah menontonnya, film horor sebenarnya bisa baik untuk kesehatan Anda. Walaupun terdengar aneh, ternyata banyak penelitian yang membuktikan bahwa nonton film horor memiliki beberapa manfaat kesehatan.

Berikut empat manfaat menonton film horror bagi kesehatan seperti dilansir dari Healthline:

 nonton film horor

1. Menghilangkan Stres dan Kecemasan

Menurut sebuah studi pada tahun 2020 yang diterbitkan dalam jurnal Neurolmage menyatakan bahwa film horror dapat membantu menghilangkan stres dari kehidupan mereka sehari-hari. Selain itu, dapat membuat penontonnya lebih tangguh dan kuat.

Hal ini bisa terjadi karena berbagai alasan. Salah satunya adalah kalau kamu nonton film horor karena ingin merasakan sesuatu yang berbeda yang bahkan belum pernah kamu rasakan dalam kehidupan sehari-hari. Saat sedang stres, kamu perlu mencari pelampiasan yang berguna untuk melegakan hatimu. Salah satunya dengan cara menonton film horror.

 

2. Membantu Melepaskan Hormon Bermanfaat

Adegan menakutkan dalam film horor dapat memompa adrenalin kita. Namun, kebanyakan orang tidak tahu bahwa ketika adegan menakutkan berakhir, otak menjadi tenang dan melepaskan hormon serotonin dan dopamin. Hormon-hormon itu membantu menjaga tubuh Anda tetap sehat dan mempertahankan aktivitas otak tingkat tinggi.

3. Membakar Kalori

Film horor bukanlah jalan alternatif untuk olahraga teratur di gym. Namun, satu film berdurasi 90 menit dengan adegan seram bisa membakar 100 hingga 200 kalori. Itu sama dengan sebatang cokelat kecil. Selain itu, menonton film horor juga baik untuk detak jantung maupun pernapasan.

Baca juga: 6 Tempat Angker yang Jadi Lokasi Syuting Film Horor Indonesia, Bikin Merinding

4. Meningkatkan Aktivitas Otak dan Tingkat Adrenalin

Beberapa penelitian ilmiah menemukan bahwa adegan menakutkan dalam film horor membantu meningkatkan tingkat adrenalin dan melepaskan neurotransmitter di otak.

Sederhananya, ketika kita menonton film horor, kita tidak hanya melihat ke monitor tetapi juga tidak sedikit yang menganalisis semua yang terjadi di layar, mencoba menemukan solusi yang memungkinkan, dan memikirkan apa yang akan mereka lakukan dalam situasi yang sama.

Karena itu, jika Anda merasa sangat lelah dan tertekan, jangan ragu untuk menonton film horor untuk menyegarkan pikiran dan kembali bekerja dengan kekuatan baru.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini