7 Makanan Khas Indonesia Mendunia, Nomor 2 Favorit Mantan Presiden AS

Calista Angelina, Jurnalis · Jum'at 05 November 2021 11:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 05 298 2497117 7-makanan-khas-indonesia-mendunia-nomor-2-favorit-mantan-presiden-as-hQNxKN91s8.jpg 7 Makanan Khas Indonesia yang Mendunia (foto:Duniatanment)

INDONESIA bukan hanya kaya budaya, wisata dan pesona alamnya. Indonesia juga memiliki beragam pesona kelezatan kulinernya. Kombinasi rasa yang unik menjadi daya tarik setiap hidangan. Tak heran, jika bepergian ke luar negeri akan merindukan makanan nusantara ini.

Salah satu channel Youtube Harmony, mengulas beberapa hidangan khas Indonesia yang mendunia dan bahkan menjadi santapan favorit para turis manca negara.

Baca Juga: Kuliner Sehat di Tengah Pandemi Jadi Lebih Laris

Baca Juga: Pentingnya Bangun Sistem Pangan Lokal, Tingkatkan Gizi dan Zero Hunger

Apa saja, berikut ulasannya:

1 Rendang

Makanan khas Padang, Sumatera Barat ini menjadi menu paling favorit. Bagaimana tidak, daging lembut yang dimasak selama 4 jam ini membuat bumbu meresap sempurna sampai bagian dalam. Aroma rempahnya sangat menggugah selera. Rendang menjadi terkenal setelah berhasil masuk ke dalam Top 10 Makanan Terbaik di duni.. Hingga sekarang, rendang masih menduduki posisi pertama dalam daftar tersebut.

2 Nasi Goreng

Makanan sederhana ini merupakan salah satu menu andalan. Bahan yang diperlukan pun simple, mudah dan murah. Antara lain, nasi, telur, bawang, cabe, topping kerupuk dan tambahan daging ayam, sapi, kambing, dll sesuai selera. Tak heran, hidangan satu ini menjadi favorit semua orang di seluruh belahan dunia, termasuk mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama.

3 Sate

Daging ayam atau kambing yang telah dipotong dan ditusukkan ke sebuah stik kayu. Setelah itu, dimasak dengan arang di atas api membara lalu dikipas dan dibalik agar matang merata. Hal yang disukai dari sate adalah rasa manis dari perpaduan bumbu kacang dan kecap. Ditambah aroma asap yang khas membuat sate memiliki daya tariknya tersendiri.

4 Sambal

Saus pedas khas Indonesia yang satu ini menjadi semacam pelengkap segala makanan. Bagi pencinta pedas, tentu saja makan kurang komplit bila tanpa ada sambal. Berbahan dasar cabai, bawang putih, bawang merah, garam dan terasi. Wisatawan mancanegara mengaku membuat sambal dengan bahan-bahan yang ada di Negara mereka namun rasanya tetap beda. Alhasil, para wisatawan rindu dengan rasa nikmatnya sambal di Indonesia.

5 Bakso

Daging sapi atau ayam yang telah dibentuk menyerupai bola ini direbus dalam air mendidih. Makanan merakyat ini digemar semua kalangan. Harganya juga tergolong murah. Bakso juga merupakan favorit salah satu Mantan Presiden Amerika Serikat, Barrack Obama. Teksturnya yang kenyal dan rasa kuah kaldu yang gurih, dilengkapi dengan bihun atau mie membuat bakso jadi hidangan yang cocok dimakan saat cuaca dingin.

6 Nasi Padang

Bukan hanya rendang, makanan khas Padang, Sumatera Barat ini juga tidak ketinggalan. Nasi yang disajikan dengan beragam lauk seperti ayam gulai, ayam pop, rendang, sayur nangka, daun singkong, ditambah sambal ijo dijamin membuat semua yang menyantapnya akan ketagihan. Masih ada banyak lauk khas nasi padang yang diminati wisatawan.

7 Nasi Campur Bali

Pulau Dewata Bali menjadi salah satu destinasi favorit dari para wisatawan mancanegara. Bukan hanya pesona alamnya yang indah tetapi masakannya juga banyak diminati. Nasi campur Bali biasanya terdiri dari nasi, lauk pauk khas Bali seperti ayam betutu, telur balado, tempe kering, urap dan sambal matah. Kombinasi rasa pedas, asin, manis dan gurih ini melengkapi cita rasa masakan Bali.

Nah, dari ketujuh daftar di atas, mana yang menjadi favoritmu?

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini