Pola Makan Sehat ala Ade Rai, Hal Terpenting Bukan Hitung Kalori

Wilda Fajriah, Jurnalis · Jum'at 05 November 2021 15:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 05 298 2497264 pola-makan-sehat-ala-ade-rai-hal-terpenting-bukan-hitung-kalori-HkM6A0VvxL.jpg Pola makan sehat ala Ade Rai (Foto: YouTube/@Dunia Ade Rai)

POLA Makan Sehat ala Ade Rai bisa menjadi inspirasi bagi Anda. Ade Rai merupakan salah satu binaragawan Indonesia yang kerap membagikan ilmu-ilmu seputar kesehatan (termasuk diet) melalui media sosialnya.

Seperti baru-baru ini, Ade Rai melalui kanal Youtubenya Dunia Ade Rai membahas soal edukasi yang terkait dengan pola makan sehat.

Pola Makan Sehat ala Ade Rai

(Pola Makan Sehat ala Ade Rai, Foto: YouTube/Dunia Ade Rai)

Ade Rai mengatakan, mulut bisa menjadi sumber kesehatan dan juga penyakit. Ada 4 elemen yang bisa menjadi penentu terkait apakah makanan yang kita makan akan membuat kita sehat, atau justru membuat kita sakit.

"Pertama adalah sumber, kedua adalah penyajian, ketiga timing atau jadwal, dan yang keempat adalah jumlah," kata Ade Rai seperti dikutip pada Jumat (5/11/2021).

Baca Juga : Hadapi Pandemi Covid-19, Ade Rai Sarankan Olahraga dan Makan Sehat

Pola Makan Sehat ala Ade Rai

(Pola Makan Sehat ala Ade Rai, Foto: YouTube/Dunia Ade Rai)

Dalam video tersebut, Ade Rai pun menunjukkan satu porsi makanan yang terdiri dari nasi, lauk pauk, dan sayuran. Ia memilih sumber makanan yang dikenal baik seperti nasi merah, dada ayam, selada, dan sambal.

"Ini bisa karena seratnya tinggi, proteinnya tinggi, atau mungkin gulanya lebih rendah," ujar Ade Rai.

Baca Juga : Tetap Sehat Selama PSBB, Ade Rai: Proteksi dari Dalam

Sedangkan elemen kedua adalah penyajian, Ade Rai menjelaskan bahwa sumber makanan yang dikenal sehat itu diolah secara sederhana. Sambalnya dibuat mentah agar tidak mengandung lemak jenuh, ayamnya diolah dengan bumbu alami, sayurannya juga mentah yang dapat digunakan sebagai lalapan.

"Kalau penyajiannya menggunakan bumbu-bumbu alami jadi makanannya pun tidak terjadi penambahan kalori, dari kalori aslinya," katanya.

Selanjutnya, Ade Rai pun menjelaskan elemen ketiga, yakni timing. Ia mengatakan, makanan tersebut bisa dijadikan sebagai menu sarapan, atau siang hari setelah intermitent fasting.

"Atau ini bisa dijadikan sebagai makan malam usai olahraga karena ada karbohidratnya," ujar Ade Rai.

Pola Makan Sehat ala Ade Rai

(Pola Makan Sehat ala Ade Rai, Foto: YouTube/Dunia Ade Rai)

Ade Rai juga menjelaskan, yang terpenting bukanlah menghitung setiap kalori dari makanan. Karena jika kita mengonsumsi makanan sehat, otomatis kalori akan lebih rendah.

"Melainkan yang terpenting adalah bagaimana tubuh kita merespon makanan ini," tukasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini