3 Tips Memilih Sabun Cuci Tangan, Jangan Asal Beli!

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 05 November 2021 10:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 05 481 2497060 3-tips-memilih-sabun-cuci-tangan-jangan-asal-beli-kuK66ciLHV.jpeg Ilustrasi (Foto : Medicaldaily)

Seseorang dituntut harus selektif dalam memilih sabun cuci tangan yang baik agar efektif membunuh kuman dan virus. Sebab kandungan yang ada pada sabunlah yang berfungsi membunuh virus.

Mencuci tangan memang sudah menjadi hal yang wajib dilakukan dalam upaya mencegah penularan Covid-19. Mencuci tangan pakai sabun terbukti lebih efektif untuk menghilangkan bakteri dan virus yang ada di permukaan kulit.

Meski demikian, jangan sembarangan dalam memilih sabun cuci tangan. Merangkum dari laman Instagram Satgas Covid-19 Bidang Perubahan Perilaku, @satgasperubahanperilaku, Jumat (5/11/2021), berikut beberapa tips yang bisa dilakukan dalam memilih sabun cuci tangan yang tepat. Yuk disimak!

1. Baca komposisi produk

Sabun Cuci Tangan

Pastikan produk memiliki kandungan surfaktan untuk dapat mengikat partikel seperti minyak , kotoran, bakteri, dan virus. Jenis surfaktan yang umum terkandung pada sabun cuci tangan adalah sodium lauryl sulfate (SLS) atau sodium laureth sulfate (SLES).

Baca Juga : Lebih Efektif Mana Cuci Tangan dengan Air Panas atau Air Dingin?

2. Jangan hanya melihat warna dan aroma

Warna adan aroma pada sabun cuci tangan tidak memiliki fungsi esensial. Oleh karena itu, pertimbangkan sabun cuci tangan yang tidak berwarna dan beraroma terlalu tajam karena cuci tangan perlu dilakukan secara rutin, bahkan sesering mungkin.

Baca Juga : Pentingnya Pakai Pelembap Usai Cuci Tangan Pakai Sabun

3. Perhatikan kandungan alergen

Pada beberapa orang, setelah menggunakan satu jenis sabun cuci tangan, bisa saja timbul ruam pada kulit tangan. Contoh bahan pada sabun cuci tangan yang bisa menjadi alergen adalah paraben, coconut diethanolamide, sodium lauryl sulfate (SLS), serta bahan pemberi aroma dalam sabun.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini