Share

Malah Jadi Produktif, Ini Pentingnya Tidur Siang Meskipun di Kantor

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Jum'at 05 November 2021 11:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 05 612 2497004 malah-jadi-produktif-ini-pentingnya-tidur-siang-meskipun-di-kantor-Bjp1ni5IDF.jpg Ilustrasi. (Foto: Thehealthsite)

TIDUR siang di kantor alias power nap bisa membantu Anda dalam mengambil keputusan dalam menyelesaikan pekerjaan. Seperti apa studinya?

Dilansir Thehealthsite, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Sleep Research, tidur siang yang tepat waktu dapat mencegah pikiran pengambilan keputusan dari tersesat oleh pengaruh bawah sadar, dan tidur siang bisa membantu memperbaiki gejala kelelahan tersebut.

Seorang dosen senior, Liz Coulthard, PhD, yang mempelajari ilmu saraf kognitif dan peneliti mengasosiasikan Netasha Shaikh, Ph.D., keduanya di Sekolah Kedokteran Universitas Bristol di Inggris, percobaan ini menyelidiki dampak dari tidur siang selama 90 menit, terhadap kemampuan orang untuk memilah-milah faktor-faktor bawah sadar yang mempengaruhi keputusan mereka.

Dalam studi tersebut, 16 relawan mengambil tidur 90 menit, cukup untuk menyamakan siklus tidur penuh, sebelum menyelesaikan serangkaian tes yang rumit untuk menguji pengambilan keputusan otak.

Sementara itu, jika kurang tidur dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan baik secara fisiologis maupun psikologis. Tetapi jika Anda cukup beruntung untuk tidur siang, maka Anda masih memiliki kesempatan untuk menghindari efek buruk dari kurang tidur.

Jika Anda belum tidur nyenyak di malam hari, maka akan memengaruhi Anda dalam beberapa cara. Hal ini dapat menghambat produktivitas, persepsi dan juga kemampuan pengambilan keputusan.

Melihat dari penelitian seperti ini, Presiden Direktur Sinarmas MSIG Life Wianto Chen setuju bila karyawan tidur siang sejenak di kantor untuk merefresh energi. Bahkan di kantornya, disediakan tempat khusus untuk tidur siang yang layak bagi karyawan.

"Gak usah lama untuk tidur, setelah tidur maka bisa fokus kerja dan bisa bikin produktif," ujarnya.

Bicara soal kriteria kantor yang nyaman, kini tak sedikit perkantoran mengusung konsep co working space. Semua harus serba digital, lebih interaktif, desainnya green economy.

"Kantor fungsinya berubah, sekarang kita juga perlu mengubah behaviour dalam bekerja," ucapnya.

Juga diakuinya, desain minimalis, segar, kekinian ini membuat suasana lebih fresh. Bekerja pun akan makin menyenangkan dan secara tidak langsung tentu bisa menambah produktivitas.

"Dengan sistem seperti ini, di masa pandemi ini kita bisa atur okupansi 1 wilayah kita buat PPKM wilayah kantor ini. Jadi yang lain tetap bisa menyelesaikan pekerjaan di kantor atau di manapun, saat ke kantor juga gak harus 8 jam, tapi tetap tanggung jawab," tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini