Pentingnya Anak Bergerak Aktif untuk Tumbuh Kembangnya

Tim Okezone, Jurnalis · Jum'at 05 November 2021 20:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 05 612 2497400 pentingnya-anak-bergerak-aktif-untuk-tumbuh-kembangnya-02irasj0yu.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SEMENJAK pandemi, anak-anak memang lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Berada di rumah terus-terusan memang bisa membuat anak-anak bosan, dan pada akhirnya memilih untuk bermain gadget.

Apalagi, ketika kedua orangtuanya harus bekerja di rumah, tentu saja mereka memilih untuk memberikan anaknya gadget agar tidak mengganggu kinerjanya. Padahal anak-anak sangat perlu loh bergerak aktif untuk perkembangannya.

Ketua Umum Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga Indonesia (PDSKO), Dr. Leny Pintowari, Sp.K.O berpendapat, bergerak aktif diperlukan selain asupan nutrisi yang cukup, baik dan bergizi untuk membantu tumbuh kembang anak secara optimal.

Anak-Anak

"Aktivitas dan latihan fisik rutin teratur bisa mengoptimalkan tumbuh kembang dan daya tahan otot-otot, menguatkan tulang dan mencegah penyakit kronis sejak dini," ujar Leny seperti dilansir dari Antara.

Menurut Leny, aktivitas atau latihan fisik rutin harus dilakukan dengan intensitas sedang minimal 60 menit setiap hari. Menurut Leny, bila ini dilakukan rutin maka juga akan mendatangkan sederet manfaat antara lain meningkatkan kebugaran jantung dan paru, fungsi pernapasan dan daya tahan tubuh terlebih di masa pandemi Covid-19 saat ini.

Kegiatan ini juga mampu meningkatkan fungsi kognitif anak sehingga memaksimalkan kemampuan belajar mereka termasuk di masa pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas. Leny mengatakan, bergerak aktif akan membuat anak-anak semakin maksimal dalam belajar.

"Beraktivitas rutin teratur sesuai kaidah juga akan mencegah obeistas, menjaga berat badan ideal, mencegah depresi sehingga anak tetap ceria," kata dia.

Di masa pandemi ini, memasukkan unsur protokol kesehatan dalam berkegiatan fisik juga dimungkinkan. Menurut dokter spesialis kedokteran olahraga dari Universitas Indonesia, Dr. Ade Jeanne D.L. Tobing, Sp.K.O, pada prinsipnya kegiatan fisik untuk anak menyenangkan tetapi sesuai kaidah yakni pemanasan, latihan inti dan diakhiri pendinginan.

"Prinsip yang saya terapkan pada senam ini adalah bergerak bermain sehingga menyenangkan. Seperti bermain basket, skipping, melompat, berlari," kata Ade yang juga pengurus PDSKO itu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini