5 Makanan Teraneh di Dunia, Ikan Basi hingga Telur Perjaka!

Calista Angelina, Jurnalis · Sabtu 06 November 2021 20:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 06 298 2497694 5-makanan-teraneh-di-dunia-ikan-basi-hingga-telur-perjaka-Lftr2IMEQe.jpg Telur Perjaka (Foto : YouTube/Sosial Hits)

WISATA kuliner biasanya seseorang akan mencari makanan dengan tampilan yang menggugah selera dan membuat air liur menetes saat melihatnya. Namun, ternyata ada makanan teraneh dari berbagai penjuru dunia yang membuat oang berpikir dua kali ketika hendak melahapnya. 

Penasaran? Dilansir dari Youtube channel Sosial Hits, ada 5 makanan teraneh dari berbagai dunia lho. Mari simak ulasannya!

1. Telur 1000 Tahun

Telur 1000 Tahun

Telur satu ini dapat Anda temui di China, telur ayam atau bebek yang biasa digunakan. Proses memasaknya direndam dalam abu, air garam, kapur dan sekam padi. Telur ini akan direndam cukup lama bisa 3-5 minggu atau berbulan-bulan. Hasilnya tekstur kuning telur menjadi lebih creamy, sedangkan putih telur berubah warna jadi gelap dan kenyal mirip agar-agar. Makanan ini sering dijuluki telur kencing kuda akibat baunya yang tidak sedap.

Baca Juga : Daftar 5 Makanan Paling Berbahaya di Dunia, Ada yang 1.200 Kali Lebih Beracun dari Sianida!

2. Telur Perjaka

Telur Perjaka

Telur perjaka ini sama seperti telur rebus yang biasa Anda konsumsi. Namun, bedanya terletak pada air yang digunakan untuk merebus telur. Air yang digunakan adalah air seni anak laki-laki berusia dibawah 10 tahun. Warisan kuliner daerah Dongyang satu ini biasanya dimakan pada musim semi. Para penjual akan menyediakan ember-ember di depan sekolah untuk mendapatkan air seni tersebut.

Baca Juga : 5 Makanan Favorit Lisa BLACKPINK, dari Stroberi hingga Sup Tulang Babi

3. Balut

Masih mengenai kuliner telur, di Filipina masyarakat menyukai telur bebek rebus yang disebut balut ini. Perbedaannya terletak pada usia telur, telur bebek yang digunakan adalah telur berusia 18 hari. Telur yang hampir siap menetas, maka setelah direbus dan dikupas Anda dapat melihat kuning telurnya sudah berbentuk seperti embrio.

Masyarakat Filipina percaya dengan mengonsumsi balut dapat menambah stamina. Cara makannya, membuka kulit telur bagian atas lalu menambahkan garam dan meminum airnya. Balut dapat ditemui di pinggir jalan, harganya 32 peso atau Rp 7.500.

4. Surstromming

Surstromming

Makanan aneh satu ini berasal dari Swedia. Sekilas ikan kaleng ini menyerupai ikan sarden yang biasa dikonsumsi. Namun, perbedaannya ikan dalam kaleng ini adalah ikan basi hasil fermentasi selama berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun. Anda dapat bayangkan betapa busuk baunya. Cara menyantap, bisa dimakan langsung atau menambahkan acar dan bawang. Ikan surstromming ini seringkali dijadikan challenge makan oleh para Youtuber.

5. Sannakji

Sannakji

Makanan aneh terakhir berasal dari Korea. Sannakji terbuat dari gurita mentah, tentakel gurita yang masih hidup ini akan dipotong. Cara menyantap, menambahkan garam dan bumbu Korea lalu siap disantap. Anda bisa bayangkan ketika memakan sannakji Anda dapat merasakan sesuatu bergerak-gerak dalam tenggorokan. Para ahli mengatakan bahwa konsumsi gurita mentah ini cukup berbahaya, selain tidak steril karena mentah, dikhawatirkan tentakel menempel pada tenggorokan.

Bagaimana apa ada yang menggugah selera dan rasa penasaran Anda?

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini