Share

5 Kiat Membagi Waktu Antara Pekerjaan dan Keluarga

Hasyim Ashari, Jurnalis · Senin 08 November 2021 05:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 06 612 2497533 5-kiat-membagi-waktu-antara-pekerjaan-dan-keluarga-EpmZ1yQJW5.jpg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

MENGATUR keseimbangan antara pekerjaan dan keluarga, tampaknya menjadi masalah terberat yang dialami para pekerja. Keinginan untuk memenuhi semua peran seringkali terhambat oleh berbagai tuntutan dan kondisi yang tidak memungkinkan lagi.

Ini membuat banyak dari Anda terjebak pada titik yang tidak seimbang. Kondisi ini tentunya juga akan memberikan pengaruh tersendiri terhadap hubungan dan keharmonisan antara kerabat kerja dan keluarga.

Agar semuanya berjalan lancar, Anda memerlukan beberapa langkah untuk mengatur waktu di antara keduanya. Berikut tips membagi waktu antara pekerjaan dan keluarga yang harus Anda lakukan:

1. Membuat Daftar Prioritas

Wanita Karier

Memenuhi keinginan semua pihak memang tidak mudah. Keterbatasan waktu hingga tuntutan peran memaksa Anda untuk pintar membaginya agar terbagi dalam porsi yang seimbang.

Untuk mencapai hal tersebut, diperlukan suatu panduan agar semua kegiatan yang dilakukan dapat terorganisir. Mulailah membiasakan diri membuat daftar kegiatan yang diurutkan berdasarkan tingkat urgensinya.

Anda dapat menambahkan tanda centang setiap kali Anda menyelesaikan pekerjaan. Pembagian waktu yang lebih terorganisir ini dapat menyeimbangkan urusan pekerjaan dan keluarga.

Baca Juga : 5 Alasan Mensyukuri Pekerjaan di Tengah Masa Sulit

2. Hindari Penundaan

Salah satu kesalahan terbesar dalam membagi waktu adalah sering menunda-nunda pekerjaan. Anggapan pekerjaan yang terlihat mudah dilakukan, membuat Anda terbiasa membiarkannya menumpuk. Kebiasaan ini justru mempersempit waktu antara Anda dan keluarga.

Anda harus selalu ingat, berbagai aktivitas menanti baik di rumah maupun di kantor. Dibutuhkan kedisiplinan dalam mengelola semua kegiatan agar tidak bias. Jika semuanya berjalan sesuai porsi Anda, Anda bisa menikmati waktu bersama keluarga dengan nyaman alias tidak membawa pulang pekerjaan yang sudah menumpuk.

Baca Juga : Ciptakan Kehidupan Harmonis, Ini Cara Bangun Kedekatan Keluarga Menurut Psikolog

3. Luangkan Waktu untuk Menelepon Keluarga

Jauh dari keluarga bukanlah alasan untuk berhenti berkomunikasi. Berbagai pilihan teknologi yang bisa Anda gunakan sebagai media penghubung di waktu senggang saat bekerja.

Saat istirahat, luangkan waktu untuk menelepon suami, anak, atau keluarga di rumah. Lemparkan pertanyaan hangat sambil bertukar berita tentang kegiatan apa yang telah dilakukan selama hari itu.

4. Tetapkan Batasan antara Pekerjaan dan Keluarga

Tidak adanya batasan membuat segala sesuatunya melampaui apa yang seharusnya. Begitu juga dengan masalah antara pekerjaan dan keluarga yang membutuhkan batasan yang jelas.

Penerapan batasan menjadi pelindung agar kewajiban di tempat kerja tidak terganggu oleh keluarga dan sebaliknya. Ini juga memudahkan Anda untuk memilah tindakan apa yang harus diambil. Tindakan seperti ini membantu Anda dalam mencapai keseimbangan yang diinginkan.

5. Jangan Selalu Mengatakan Ya untuk Semua Pekerjaan

Wanita Karier

Keinginan untuk menjadi yang terbaik adalah wajar. Tapi Beauties, bukan berarti Anda bertanggung jawab atas semua pekerjaan, terutama yang bukan kewajiban Anda.

Ya, terus-menerus menerima tawaran pekerjaan sama saja dengan mengorbankan kehidupan pribadi dan waktu bersama keluarga. Jangan selalu menerima ini jika Anda benar-benar tidak mampu atau tidak punya waktu untuk melakukannya.

Pertimbangkan dengan cermat semua tawaran pekerjaan terlebih dahulu, terutama jika tawaran itu datang saat istirahat dan akhir pekan. Ingat, kamu juga butuh istirahat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini