Tingkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi, Konsumsi 5 Makanan Sehat Ini

Hasyim Ashari, Jurnalis · Minggu 07 November 2021 17:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 07 298 2498072 tingkatkan-daya-ingat-dan-konsentrasi-konsumsi-5-makanan-sehat-ini-C4cJ48Pqj5.jpg Ilustrasi makanan sehat penambah daya ingat. (Foto: Pexels)

SEIRING bertambahnya usia, kemampuan daya ingat dan konsentrasi seseorang bisa saja menurun. Guna mengatasinya, ada cara yang bias dilakukan. Dengan demikian, kemampuan mengingat tetap optimal dan tidak termakan usia.

Penurunan daya ingat atau pikun merupakan kondisi yang umum terjadi seiring bertambahnya usia. Namun, bukan berarti Anda harus pasrah menerima kondisi tersebut.

Anda bisa tetap memelihara ingatan dengan mengonsumsi makanan yang sering dijumpai, apa saja itu? Berikut lima makanan sehat yang dapat meningkatkan daya ingat dan konsentrasi, seperti dikutip dari laman Pinkvilla, Minggu (7/11/2021).

Baca juga: Vaksinasi Dosis Lengkap di Indonesia Capai 40%, Siap Hadapi Ancaman Gelombang Ketiga? 

1. Blueberry

Buah blueberry memiliki kandungan serat yang cukup tinggi yang bisa membantu untuk meningkatkan daya ingat serta konsentrasi Anda. Selain bagus untuk kesehatan ingatan, blueberry juga bebas gluten yang dapat membantu melancarkan aliran sinyal ke otak.

Blueberry.

2. Biji labu

Biji labu salah satu makanan super yang kaya akan protein dan serat. Maka itu, biji labu dapat membantu mengoptimalkan kemampuan berpikir dan mengingat. Khasiat lainnya yang terkandung dalam biji labu di antaranya sebagai makanan yang mampu meningkatkan mood dan penghilang stres.

Baca juga: Atasi Covid-19, Tenaga Kesehatan di Singapura Dapat Hadiah Rp42 Juta 

3. Cokelat hitam

Cokelat hitam adalah makanan yang menakjubkan. Ini adalah salah satu makanan yang mampu mengurangi stres dan menghilangkan depresi. Selain dapat mengurangi stres serta menghilangkan depresi, rupanya cokelat hitam juga berkhasiat meningkatkan daya ingat dan konsentrasi.

Cokelat hitam.

4. Kopi

Kopi merupakan salah satu minuman yang dapat meningkatkan memori dalam jangka panjang. Hal tersebut dikarenakan kandungan kafein yang terdapat dalam biji kopi memiliki dampak besar pada fungsi otak. Kafein memiliki manfaat bagi kesehata yang tak terhitung banyaknya.

Baca juga: 9 Jenis Iritasi Kulit pada Bayi, Simak Juga Cara Mengatasinya 

Kopi.

5. Kenari

Jika Anda ingin meningkatkan tingkat konsentrasi otak, alangkah baiknya mengonsumsi kenari. Pasalnya dengan mengonsumsi kenari setiap hari dapat meningkatkan daya ingat dan kesehatan kognitif. Tidak hanya itu, khasiat lain dari kenari yakni mencegah peradangan. Kini Anda bisa menjadi lebih pintar hanya dengan mengonsumsi kenari.

Baca juga: Cegah Kanker Serviks, Anak Perempuan Usia SD Akan Ikuti Imunisasi HPV 

Kacang kenari.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini