6 Bahan Alami yang Ampuh Atasi Wajah Berminyak, Mudah Digunakan Lho

Melati Septyana Pratiwi, Jurnalis · Minggu 07 November 2021 10:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 07 611 2497942 6-bahan-alami-yang-ampuh-atasi-wajah-berminyak-mudah-digunakan-lho-WFbKc4hLWe.jpg Ilustrasi mengatasi kulit wajah berminyak. (Foto: Senivpetro/Freepik)

MEMILIKI wajah berminyak membuat sebagian orang tampil kurang percaya diri. Minyak di wajah merupakan hasil produksi sebum yang berlebihan dari kelenjar sebacous. Kelenjar ini terletak di bawah permukaan kulit.

Keberadaan sebum sebenarnya bisa membantu melembapkan kulit. Namun jika sebum terlalu banyak akan menyebabkan kondisi kulit wajah berminyak hingga menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. Demikian dikutip dari Healthline, Minggu (7/11/2021).

Oleh karena itu, jangan biarkan wajah makin berminyak dan mengganggu kenyaman serta penampilan kamu. Berikut ini enam bahan alami yang ampuh mengatasi kulit berminyak.

Baca juga: 9 Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Memulai Bekerja dari Kantor 

1. Madu

Madu dapat bermanfaat untuk kulit berminyak dan berjerawat berkat antibakteri serta antiseptik yang dimiliki. Selain itu, Madu bisa menjaga kulit tetap lembap, tetapi tidak berminyak. Hal ini dikarenakan madu merupakan humektan alami.

Untuk mengatasi kulit berminyak, cukup oleskan madu tipis-tipis ke wajah. Biarkan 10 menit hingga mengering, kemudian bilas sampai bersih menggunakan air hangat.

2. Clay Mask

Buat kamu pemilik kulit berminyak, bisa mulai rutin maskeran dengan clay mask. Clay mask mampu mengangkat sel kulit mati, menutrisi, serta melembapkan kulit. Tidak perlu setiap hari, cukup maskeran 1–2 kali dalam seminggu dengan clay mask.

Baca juga: 5 Negara dengan Masyarakat Kurang Sehat Menurut Hasil Penelitian 

3. Oatmeal

Oatmeal dapat menyerap minyak lebih serta menenangkan kulit yang meradang. Oatmeal juga bisa membantu pengelupasan kulit mati. Jika ingin menggunakan oatmeal sebagai masker, bisa juga dipadukan dengan bahan lain seperti yoghurt, buah yang dihaluskan, atau madu.

Berikut cara membuat masker dari oatmeal untuk wajah kamu:

- Campurkan 1/2 cup oatmeal dengan air hangat hingga teksturnya mengental.

- Campurkan larutan oatmeal dengan satu sendok makan madu.

- Oleskan masker oatmel ke wajah dan pijat-pijat selama tiga menit sebelum dibilas dengan air hangat.

- Bisa juga mengoleskan oatmeal di wajah dan tunggu 10–15 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

4. Putih telur dan lemon

Kedua bahan ini merupakan bahan alami untuk mengatasi kulit berminyak. Selain itu, putih telur dan lemon dianggap mampu mengencangkan pori-pori.

Asam dalam lemon dapat membantu menyerap minyak. Berdasarkan studi tahun 2008, lemon diketahui memiliki kemampuan antibakterti.

Untuk mengobati kulit berminyak dengan lemon, kamu perlu mencampurkan satu putih telur dengan satu sendok teh perasan lemon segar. Oleskan pada permukaan wajah dan biarkan hingga mengering. Bilas dengan air hangat dan keringkan wajah.

Baca juga: 5 Cara Atasi Trauma Anak Usia 0-2 Tahun yang Alami Kecelakaan 

5. Lidah buaya

Lidah buaya bisa digunakan untuk merawat kulit yang berminyak. Kamu bisa mengoleskan tipis-tipis ke wajah sebelum tidur dan biarkan hingga pagi.

Namun perlu diwaspadai, lidah buaya dapat menyebabkan reaksi alergi pada kulit sensitif. Jika kamu tidak berani langsung coba mengoleskan lidah buaya pada wajah, kamu bisa melakukan uji coba terlebih dahulu di lengan.

Jika pada lengan kamu tidak timbul reaksi alergi dalam kurun waktu 24 hingga 48 jam, bisa dikatakan lidah buaya aman untuk kulitmu.

Baca juga: Sejarah Bir Jawa, Minuman Diplomasi Keraton Yogyakarta dengan Belanda 

6. Tomat

Kandungan asal dalam tomat dapat membantu penyerapan minyak berlebih di kulit. Berikut ini adalah langkah untuk membuat masker tomat:

- Campurkan satu sendok teh gula dengan tomat yang sudah dihaluskan.

- Oleskan ke wajah dengan gerakan melingkar.

- Biarkan selama 5 menit dan bilas sampai bersih dengan air hangat.

- Jika dirasa terlalu rumit, kamu juga bisa mengoleskan tomat yang sudah dihaluskan ataupun irisan tomat ke wajah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini