Share

5 Negara dengan Masyarakat Kurang Sehat Menurut Hasil Penelitian

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Minggu 07 November 2021 08:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 07 612 2497910 5-negara-dengan-masyarakat-kurang-sehat-menurut-hasil-penelitian-sqxnjYaCNk.jpg Ilustrasi masyarakat paling kurang sehat di dunia. (Foto: Shutterstock)

ORGANISASI Kesehatan Dunia (WHO) menjelaskan bahwa obesitas di seluruh negara telah meningkat hampir tiga kali lipat sejak tahun 1975. Angka yang tercatat dalam data statistik telah bertambah seiring obesitas yang melanda dunia.

Obesitas terjadi karena perilaku hidup masyarakat yang tidak sehat. Namun, obesitas saja bukanlah alat untuk mengukur kesehatan secara keseluruhan. Belum lama ini Clinic Compare (UK) melakukan penelitian di 179 negara dengan menggunakan tiga parameter.

Baca juga: 5 Cara Atasi Trauma Anak Usia 0-2 Tahun yang Alami Kecelakaan 

Parameter yang digunakan sebagai pengukurnya adalah konsumsi alkohol, penggunaan tembakau, dan prevalensi obesitas. Dirangkum dari laman Mexico Bariatric Center, Minggu (7/11/2021), berdasarkan hasip penelitian tersebut ditemukan lima negara di dunia yang dianggap memiliki masyarakat kurang sehat.

1. Republik Ceko

Ceko dianggap sebagai negara paling tidak sehat di dunia, sebab sebagian besar masyarakatnya adalah peminum alkohol yang berat. Setiap orang dapat minum rata-rata 13,7 liter alkohol per tahun.

Terletak di jantung Eropa Tengah, Republik Ceko memiliki bir terbaik Eropa. Selama beberapa generasi, bir telah berevolusi dari minuman berat dan kental menjadi minuman menyegarkan yang lebih ringan. Setelah komunisme berakhir, orang-orang Ceko memiliki kebebasan untuk menikmati bir.

Ilustrasi minum alkohol tanda masyarakat kurang sehat.

2. Rusia

Federasi Rusia (Rusia) yang terletak di Eurasia adalah negara dengan daratan terbesar di dunia. Ini juga merupakan negara dengan populasi terpadat kesembilan. Rusia berada di posisi dua dalam daftar negara paling tidak sehat di dunia.

Rata-rata satu orang Rusia dapat mengonsumsi 13,7 liter alkohol dan merokok sebanyak 2.690 batang per tahun. Sebanyak 30 persen dari semua kematian di Rusia terkait dengan alkohol.

Baca juga: Sejarah Bir Jawa, Minuman Diplomasi Keraton Yogyakarta dengan Belanda 

3. Slovenia

Slovenia menjadi negara dengan konsumsi rokok terbesar keenam di seluruh dunia. Penduduk Slovenia rata-rata merokok 2.637 batang setiap tahun. Ini menjadikan Slovenia sebagai negara paling tidak sehat ketiga di seluruh dunia.

4. Belarusia

Sama seperti Rusia, Belarusia berada pada urutan keempat sebagai negara dengan konsumsi alkohol dan tembakau terbanyak di dunia.

Baca juga: Cegah Gelombang Ketiga Covid-19, Ini 7 Cara Tingkatkan Kekebalan Tubuh 

5. Slovakia

Negara Slovakia memiliki sekira 27 persen dari populasi yang didokumentasikan menderita obesitas. Penduduk Slovakia juga menempati peringkat kesembilan sebagai pengonsumsi alkohol tertinggi.

Baca juga: 4 Cara Ampuh Menjaga Tubuh Tetap Bugar di Masa Pancaroba 

Ilustrasi rokok tanda masyarakat kurang sehat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini