Akhirnya Terjawab! Begini Cara Rice Cooker Tahu Kalau Nasi Sudah Matang

Wilda Fajriah, Jurnalis · Senin 08 November 2021 14:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 08 298 2498424 akhirnya-terjawab-begini-cara-rice-cooker-tahu-kalau-nasi-sudah-matang-wIHrd8VdOj.jpeg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

DI zaman serba modern ini, memasak nasi tak lagi perlu keterampilan khusus sejak adanya rice cooker. Ya, jika dahulu memasak nasi menggunakan panci yang terdiri dari 2 langkah, kini tinggal gunakan rice cooker dan hubungkan ke listrik lalu nasi akan matang.

Rice cooker juga di desain ramah pengguna. Cara penggunaannya yang mudah ini membuat benda satu ini dicintai emak-emak. Tinggal tekan tombol 'cook', lalu tombol akan otomatis naik ke menu 'warm' saat nasi sudah matang.

Namun, banyak orang yang penasaran tentang bagaimana cara kerja rice cooker? Bahkan, pertanyaan ini juga pernah ditanyakan oleh salah satu warganet pengguna Twitter dengan username @buahhkhuldi.

Masak Nasi

Beruntungnya, kanal Youtube Smarterindo pun menjawab pertanyaan yang pernah diajukan warganet tersebut. Video tersebut mengatakan, bahwa jawabannya adalah magnet.

"Saat kita menyalakan rice cooker dan mulai memasak, yang terjadi adalah energi listrik berubah menjadi energi panas. Sehingga meningkatkan suhu pada kontainer rice cooker," kata seorang wanita dalam video tersebut seperti dikutip pada Senin (8/11/2021).

Baca Juga : 5 Cara Bersihkan Sisa-Sisa Nasi yang Menempel di Mangkuk Rice Cooker

Di dalam kontainer tersebut, lanjut sang wanita, isinya adalah beras dan air. Ketika air dipanaskan, yang terjadi ada dua, yakni air menguap, dan yang kedua diserap oleh beras, sehingga menjadi nasi.

"Suhu air mendidih adalah 100 derajat celcius. Jadi ketika air masih berada dalam kontainer rice cooker, suhu maksimum kontainer adalah 100 derajat celcius. Ketika semua air sudah menguap, kontainer ini akan terus dipanaskan sama energi listrik. Yang terjadi suhunya melebihi 100 derajat celcius," terang sang wanita.

Baca Juga : Takaran Air saat Memasak Nasi Tentukan Kualitas, Cukup Pakai Jari!

Nah, ini adalah momen dimana rice cooker dari mode 'cook' berpindah ke mode 'warm'. Kemudian, sang wanita pun kembali memberikan penjelasan soal magnet. Magnet terjadi ketika elektron pada suatu benda pointing ke arah yang sama.

Juga, sifat magnet ini dipengaruhi oleh suhu. Untuk rice cooker, magnet ini didesain untuk kehilangan magnetnya ketika suhu melebihi 100 derajat celcius.

Pada rice cooker, magnet ini diletakkan pada per di bawah kontainer rice cooker. Ketika suhu sudah melebihi 100 derajat celcius, dan ketika semua air sudah menguap, magnet ini akan kehilangan sifat magnetnya.

"Jadinya, per ini terlepas bawah kontainer dan ini mentrigger rice cooker untuk pindah dari mode 'cook' ke mode 'warm'. Jadi pada intinya, rice cooker itu bukan tahu kapan nasi sudah matang, melainkan kapan semua air sudah menguap," kata wanita tersebut.

"Jadi, jika kita ingin mendapatkan kematangan nasi yang sempurna, kita harus mengetahui jumlah air yang harus dituangkan ke rice cooker serta takaran beras yang pas," tukasnya.

Dengan penjelasan ilmiah namun mudah dimengerti, video tersebut mendapatkan banyak komentar positif. Tak jarang warganet yang juga baru mendapatkan jawaban atas pertanyaan yang sama.

"Alhamdulillah, akhirnya rasa penasaran ini terjawab sudah. Makasih kakak," kata @andy***.

"20++ tahun hidup, akhirnya bisa tidur juga 🙏🏻 thanks kak," sambung @bobby***.

"Ternyata benda yang setiap hari kita lihat , mempunyai fungsi yang sangat hebat," tukas @wys***.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini