Share

Efek Samping Vaksin Covid-19 Sebabkan Stroke pada Anak, Benarkah?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 08 November 2021 10:44 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 08 481 2498307 efek-samping-vaksin-covid-19-sebabkan-stroke-pada-anak-benarkah-27vE9Z6Jv6.jpg Ilustrasi (Foto : Medicaldaily)

BELUM lama ini beredar unggahan dengan bahasa asing yang berisi poster tentang penyakit stroke yang menyerang anak-anak. Unggahan tersebut disertai dengan narasi bahwa hal tersebut merupakan efek samping dari vaksin Covid-19.

Tentunya unggahan tersebut membuat geger masyarakat yang mempertanyakan keamanan vaksin Covid-19 pada anak. Sebab vaksinasi pada anak usia 6-11 tahun akan segera dimulai setelah cakupan vaksinasi nasional tercapai.

Cek Fakta

Merangkum dari laman Instagram resmi Instagram Komiter Percepatan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Senin (8/11/2021), menegaskan bahwa informasi tersebut keliru. berdasarkan hasil penelusuran, poster dalam unggahan tersebut dipasang oleh yayasan non profit asal Kanada.

Achieving Beyond Brain Injury (ABBI), pada Mei 2021 lalu untuk memperingati bulan kesadaran atas stroke pada anak. Tidak ada ketertarikan antara pesan dalam poster tersebut dengan efek dari vaksin Covid-19 pada anak. Foto poster serupa juga dapat ditemukan di laman Facebook serta situs resmi ABBI.

Cek Fakta

Baca Juga : Cek Fakta: WHO Nyatakan Covid-19 Sudah Jadi Flu Biasa

Baca Juga : Video Jenazah Covid-19 Merokok di antara Tumpukan Mayat Hoax, Begini Faktanya!

Lebih lanjut, dalam penelitian oleh tim peneliti dari Universitas Columbia dan Universitas Brown, Amerika Serikat, penyakit stroke pada anak disebabkan oleh penyakit jantung, kondisi hematologis, gangguan sindrom, dan metabolisme.

Berdasarkan keterangan dalam situs Hopkins Medicine, penyakit stroke pada anak sendiri merupakan kondisi kesehatan langka dan umumnya hanya menyerang satu dari setiap 4.000 bayi yang baru lahir.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini