Share

Pemerintah Masih Uji Klinis Efektivitas Vaksin Booster Covid-19

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 08 November 2021 21:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 08 481 2498471 pemerintah-masih-uji-klinis-efektivitas-vaksin-booster-covid-19-CAJ7TVIoEb.jpg Vaksinasi Covid-19 (Foto: The prevention)

PEMERINTAH berencana untuk memberikan vaksinasi dosis ketiga (booster) kepada masyarakat Indonesia. Saat ini pemerintah telah berbicara dengan Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI) dan telah melihat pula mengenai data perbandingan vaksinasi booster Covid-19 dari negara-negara lain.

Dalam rapat dengan komisi IX DPR, Senin (8/11/2021), Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menjelaskan, saat ini sedang dilakukan uji klinis terkait dengan vaksinasi booster Covid-19 yang rencananya akan diberikan pada akhir Desember 2021 setelah syarat 50 persen penduduk Indonesia disuntik dua kali vaksinasi (vaksin lengkap) terpenuhi.

 Vaksinasi Covid-19

“Saat ini vaksinasi booster juga sedang melakukan uji klinis dengan teman-teman dari perguruan tinggi terkait dengan kebijakan vaksin booster. Apakah nantinya vaksin booster akan diberikan sama dengan vaksin sebelumnya (homologus) atau dicampur (heterologus). Jadi diharapkan akhir Desember ini akan selesai,” ungkap Menkes Budi.

Sebagaimana diketahui setiap vaksin memiliki karakteristik dan sifat unik tersendiri. Oleh sebab itu saat ini vaksin sedang diteliti untuk mencari racikan mana yang paling efektif untuk digunakan sebagai vaksin booster Covid-19. Apakah Sinovac-Sinovac-Sinovac, atau Sinovac-Sinovac-AstraZeneca, dan lain sebagainya.

Baca juga: Vaksinasi Dosis Lengkap di Indonesia Capai 40%, Siap Hadapi Ancaman Gelombang Ketiga?

“Sekarang sudah jalan dan sudah dibandingkan, mana yang akan memberikan efek paling bagus sehingga kebijakan yang dibuat bisa lebih baik karena berdasarkan bukti-bukti ilmiah,” tuntasnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini