Share

5 Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil, Apa Saja?

Hasyim Ashari, MNC Portal · Senin 08 November 2021 23:46 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 08 612 2498575 5-manfaat-air-kelapa-untuk-ibu-hamil-apa-saja-eQgzPz3215.jpg Air kelapa (Foto: Istock)

RUPANYA air kelapa tak hanya cocok dijadikan minuman disaat cuaca sedang panas, air kelapa juga rupanya memiliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan terutama bagi ibu hamil dan kesehatan janin.

Apalagi air kelapa mengandung banyak nutrisi seperti diantaranya mineral, kalium, magnesium, dan kalsium.

Oleh sebab itu, bagi ibu hamil meminum air kelapa sangat dianjurkan tidak hanya untuk menjaga kesehatan ibu yang mengandung tetapi juga bermanfaat bagi janin. Lalu, apa saja manfaat air kelapa?

Berikut 5 manfaat hebat air kelapa untuk ibu hamil dan kesehatan janin seperti dilansir dari Newsdelivers:

 ibu hamil

1. Baik untuk pertumbuhan dan perkembangan janin

Untuk kesehatan janin, tentunya ibu hamil perlu mengonsumsi berbagai makanan bergizi. Nah, selain iu, ibu hamil juga bisa menggunakan air kelapa sebagai nutrisi penunjang. Pasalnya, air kelapa mengandung beberapa nutrisi penting seperti kalsium yang membantu pertumbuhan dan perkembangan janin.

2. Pengganti elektrolit yang hilang

Kebanyakan ibu hamil biasanya akan mengalami morning sickness di awal kehamilan. Gejala mual dan muntah bisa membuat ibu hamil mengeluarkan banyak cairan.

Hal ini tentu saja membuat ibu hamil menjadi kekurangan elektrolit. Oleh karena itu, air kelapa juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk ibu hamil. Hal ini karena air kelapa kaya akan elektrolit, sehingga dapat menggantikan cairan yang hilang.

3. Menjaga berat badan

Bagi yang khawatir berat badan naik terlalu banyak saat hamil, air kelapa bisa menjadi solusinya. Pasalnya, air kelapa diketahui mengandung sedikit kalori dan bebas lemak. Pastinya bisa membantu mengontrol berat badan ya.

 

4. Tingkatkan kekebalan tubuh

Saat hamil, biasanya daya tahan tubuh ibu hamil akan cenderung menurun. Tentu saja hal ini akan membuat ibu hamil lebih rentan terkena penyakit. Salah satu upaya untuk mengatasi hal tersebut, ibu hamil bisa meminum air kelapa. Air kepala sendiri dikenal dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena kandungan antioksidan di dalamnya.

5. Meringankan masalah pencernaan

Perubahan hormon selama kehamilan juga bisa membuat ibu hamil mengalami masalah pencernaan, seperti sembelit. Untuk membantu mengatasi hal tersebut, ibu hamil bisa mengkonsumsi air kelapa. Hal ini karena air kelapa mengandung serat.

Nah, itulah beberapa manfaat air kelapa untuk ibu hamil dan juga untuk janin dalam kandungan.

Baca Juga: Masyarakat Depok Terbantu BLT BBM

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini