Share

Belajar Online Bisa Sebabkan Anak Malah Putus Sekolah

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Selasa 09 November 2021 00:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 08 612 2498774

BELAJAR online bisa membuat anak berisiko tidak naik kelas hingga putus sekolah. Kenapa demikian?

Banyak diakui para guru jika selama pembelajaran jarak jauh berlangsung, siswa kurang semangat saat kelas daring berlangsung. Beberapa faktornya yakni anak tidak memiliki akses ke teknologi atau koneksi internet.

Riset dari Yayasan Pusat Inovasi dan Kemandirian Indonesia Raya menyebutkan bahwa dengan koneksi internet yang kurang memadai, 64% siswa sekolah menengah melaporkan merasa kurang terlibat selama pembelajaran jarak jauh. Sementara itu, 74% orang tua dari siswa yang lebih muda melaporkan bahwa anak-anak  mereka merasakan hal yang sama.

Di samping itu, mereka juga bisa kehilangan motivasi belajar karena merasa bosan. Saat anak belajar tanpa motivasi, maka siswa berisiko kehilangan peluang untuk lulus.

Baca Juga: Belajar Online Membuat Anak Rentan Stres, Ini Kata Psikolog

Karena itu, dituturkan Faiza Achmad dari PIKIR Institut, mempertahankan keterlibatan siswa dalam pembelajaran jarak jauh menjadi tantangan bagi sekolah.

Guru pun harus kreatif, begitu juga orangtua harus tanggap jika menghadapi kondisi seperti ini.

"Hal ini umumnya terjadi di lokasi-lokasi yang jauh dari kota, walaupun juga dialami oleh siswa yang berada di kota-kota," kata Faiza lewat keterangan resminya.

 

Dia mencontohkan, di Desa Malalak Barat di Sumatera Barat dan Desa Balung di Riau, banyak anak usia sekolah mengalami dampak dari pembelajaran jarak jauh. Karenanya, penguatan infrastruktur terutama jaringan internet dibangun di sana.

Dari total 83.218 Desa/Kelurahan, masih

ada lebih dari 12.548 desa yang belum beruntung mendapatkan akses internet yang  memadai, atau malah blank-spot, karena masalah geografis.

"Masih  banyak sekali anak usia sekolah yang berada di daerah-daerah tersebut, sehingga perlu sekali segera diberikan solusi akses internet," tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini