6 Makanan Penambah Darah untuk Ibu Hami, Cegah Anemia Moms!

Wilda Fajriah, Jurnalis · Selasa 09 November 2021 19:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 09 298 2499153 6-makanan-penambah-darah-untuk-ibu-hami-cegah-anemia-moms-UqaQ7qFH5y.jpeg Makanan penambah darah untuk ibu hamil (Foto : Timesofindia)

MAKANAN penambah darah untuk ibu hamil penting diketahui. Karena kehamilan meningkatkan suplai darah Anda hingga 50 persen. Di situlah zat besi dibutuhkan.

Zat besi digunakan oleh tubuh untuk membuat sel darah merah. Peningkatan suplai darah berarti Anda akan membutuhkan lebih banyak sel darah merah dan lebih banyak zat besi untuk membuat sel darah tersebut.

Bila Anda tidak memiliki cukup zat besi dalam tubuh, Anda dapat mengalami anemia. Anemia adalah kondisi darah paling umum yang dialami wanita hamil.

Anemia selama kehamilan dapat menempatkan Anda dan bayi Anda pada risiko yang lebih tinggi untuk beberapa komplikasi, termasuk kelahiran prematur dan berat badan lahir rendah.

Karenanya, Anda perlu mengonsumsi makanan kaya zat besi. Melansir Healthline pada Selasa (9/11/2021), berikut beberapa rekomendasi makanan penambah darah yang baik untuk ibu hamil.

Ikan salmon

Makanan Penambah Darah untuk Ibu Hamil

(Makanan Penambah Darah untuk Ibu Hamil, Foto: Timesofindia)

Salmon relatif kaya akan zat besi. Salmon aman dikonsumsi selama kehamilan selama dimasak sepenuhnya dengan suhu internal 145 ° F (62,8 ° C).

Selain menjadi sumber zat besi, salmon juga dikemas dengan asam lemak omega-3 dan nutrisi lain yang dapat berkontribusi pada kehamilan yang sehat.

Salmon juga lebih rendah merkuri dibandingkan beberapa jenis ikan lainnya, seperti tuna dan ikan todak, sehingga lebih aman dikonsumsi saat hamil.

Baca Juga : Waspada, Anemia Bisa Sebabkan Anak Stunting Loh

Daging sapi tanpa lemak

Daging merah adalah sumber terbaik zat besi. Satu porsi 3 ons daging sapi sirloin tanpa lemak mengandung sekitar 1,5 miligram (mg) zat besi.

Tetapi sebelum Anda memasak steak itu ke atas panggangan, siapkan termometer daging Anda. Mengkonsumsi daging setengah matang tidak direkomendasikan selama kehamilan karena risiko kontaminasi bakteri.

Baca Juga : Waspada! Gampang Capek seperti Nia Ramadhani Bisa Pertanda Kekurangan Zat Besi

Ayam

Ayam mengandung 1,5 mg zat besi per porsi 8 ons. Aman untuk makan ayam selama kehamilan, tetapi, seperti halnya daging sapi, Anda harus memastikan ayam dimasak sepenuhnya pada suhu 165 °F (73,8 °C) untuk menghindari konsumsi bakteri berbahaya, seperti Listeria

Brokoli

Makanan Penambah Darah untuk Ibu Hamil

(Makanan Penambah Darah untuk Ibu Hamil, Foto: Timesofindia)

Sayuran silangan ini menawarkan lebih dari 1 mg zat besi per cangkir. Sebagai bonus, brokoli mengandung banyak vitamin C, yang membantu penyerapan zat besi.

Brokoli juga padat serat dan penuh nutrisi. Karena kehamilan dapat memperlambat sistem pencernaan Anda (kembung dan sembelit), menambahkan sumber serat yang baik ke dalam makanan Anda dapat membantu meringankan gejala tidak nyaman ini.

Bayam dan kangkung

Bayam dan kangkung juga kaya akan antioksidan, vitamin, dan zat besi. Satu cangkir kangkung yang dimasak mengandung 1 mg zat besi, dan bayam bahkan lebih baik, mengemas 6,4 mg per porsi 1 cangkir.

Sayuran ini sangat serbaguna. Anda bisa memasukkan beberapa dengan salad, memotongnya menjadi telur dadar, atau hanya menumis beberapa dalam panci. Anda juga bisa memasukkannya ke dalam smoothie untuk camilan manis dan bergizi.

Kacang dan lentil

Kacang dan lentil dikemas dengan serat dan protein, dan kandungan zat besinya sulit dikalahkan. Secangkir lentil siap memberi Anda 6,6 mg zat besi harian Anda. Dan kacang merah putih memiliki yang sama banyaknya per cangkir, dikeringkan dan dimasak.

Buat lentil dan kacang-kacangan dalam jumlah besar jika Anda ingin mulai memasukkannya ke dalam makanan Anda, dan taburkan beberapa di salad Anda atau panaskan beberapa genggam sebagai lauk saat makan malam.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini