Terkait Harga Tes PCR Rp10 Ribu, Ini Tanggapan Kemenkes

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 09 November 2021 16:21 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 09 481 2499149 terkait-harga-tes-pcr-rp10-ribu-ini-tanggapan-kemenkes-JRI7bMM6N6.jpg Tes PCR (Foto: Reuters)

MASYARAKAT dihebohkan dengan kabar mengenai harga tes PCR yang dapat ditekan hingga menjadi Rp10 ribu. Informasi tersebut disampaikan oleh Sekretaris Jenderal Gabungan Pengusaha Alat Kesehatan dan Laboratorium (Gaskeslab), Randy Teguh.

Meski demikian perlu dicatat bahwa harga tes Rp10 ribu tidak termasuk dengan berbagai peralatan tes PCR seperti baju hazmat, alat pengambil sampel, dan beberapa perlengkapan lainnya.

 Tes PCR

Tentunya harga tersebut sangat berbeda jauh dengan biaya tes PCR yang ditetapkan pemerintah yakni Rp275 ribu di Pulau Jawa dan Rp300 ribu untuk luar Pulau Jawa.

Sebagaimana diketahui tes PCR adalah syarat utama yang wajib dilakukan bagi para pelaku perjalanan udara yang hendak melakukan penerbangan internasional. Tes PCR memiliki tingkat akurasi yang tinggi dan telah menjadi gold standar untuk mendeteksi Covid-19.

Menanggapi harga tes PCR Rp10 ribu, Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Siti Nadia Tarmizi, mengatakan, hal tersebut bisa dicek dan ditanyakan langsung kepada produsen alat kesehatan yang bersangkutan.

“Sebab kalau Kementerian Kesehatan melihat harga (Tes PCR) dari harga pasaran yang sudah jadi dalam bentuk produk jadi. Dan tentunya ini sudah melalui survei pasar,” kata Siti Nadia, saat dihubungi MNC Portal, Selasa (9/11/2021).

Senada dengan Siti Nadia, Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Prof. Wiku Adisasmito juga enggan memberikan banyak penjelasan terkait dengan hal tersebut.

Baca juga: Dirut Bio Farma Sebut Harga Tes PCR Akan Terus Turun

“Untuk tanggapan dan penjelasannya bisa diminta dari yang bersangkutan. Ikuti saja aturan pemerintah dan keterangan resminya,” tuntas Prof. Wiku.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini